Home / Agama / MTQ SEBAGAI SARANA MENSYIARKAN AGAMA ISLAM

MTQ SEBAGAI SARANA MENSYIARKAN AGAMA ISLAM

     Ratusan peserta yang berasal dari empat kecamatan mengikuti lomba MTQ XII Tingkat Kota Banjar yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Darul Huda, Rabu, 25 Oktober  2017. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, dan dihadiri pula oleh Ketua LPTQ Kota Banjar, para Kepala OPD, Ketua DPRD, Kapolres, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua MUI, para Camat, Lurah, dan Kades, serta Pimpinan Pondok Pesantren Darul Huda, juga para kafilah serta hadirin tamu undangan lainnya.
     Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Banjar, Drs. H. Kaswad, M.Pdi selaku Ketua Panitia menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu persiapan menuju MTQ Tingkat Propinsi Jawa Barat. Selain itu kegiatan ini merupakan sarana untuk menyeleksi, mencari bakat dan potensi Qori, Qoriah, Hafidz, dan Hafidzah serta sarana silaturahmi bagi para peserta. Pada MTQ Tingkat Jabar tahun sebelumnya Kota Banjar hanya mampu berada di 10 besar, semoga di tahun ini hasilnya akan lebih baik.
     Dalam MTQ XII, cabang yang dilombakan diantaranya Murottal putra/putri, Tilawah anak-anak putra/putri, Hifdzil Qur’an 5 juz dan Tilawah remaja putra/putri, Tilawah dewasa putra/putri, Qiroah Sabah putra/putri, Hifdzil Qur’an 1 Juz, Musabaqah Syahril Quran dan FahmiL Quran. Dari semua peserta, nantinya akan diambil dua orang dari setiap bidang perlombaan baik putra maupun putri.
    Wali Kota Banjar, Dr. Hj Ade Uu Sukaesih, M.Si, sangat mengapresiasi kegiatan MTQ ini. Beliau juga menambahkan bahwa untuk mempersiapkan generasi muda yang beriman, berilmu amaliyah, dan beramal ilmiyah syarat dengan ahlakul karimah merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu dengan pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Banjar ini merupakan salah satu upaya pendidikan kepada generasi muda, dengan menanamkan kecintaannya kepada Kitab Suci Al-Qur’an sebagai pedoman dalam menjalankan sendi-sendi kehidupannya sehingga menjadi generasi yang mempunyai karakter Qur’ani, disisi lain MTQ merupakan salah satu gerak Dakwah Islam, karena dengan kegiatan MTQ ini kita pun ikut serta dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara dalam mencetak kader-kader muslim dan muslimat yang memiliki kecerdasan dan pemahaman terhadap nilai-nilai Al-Qur’an.  Oleh karenanya dengan kegiatan MTQ ini pula akan muncul Qori-Qori’ah, Hafidz-Hafidzah, Da’i-Da’iyah dan Mufasir-Mufasiroh Kota Banjar yang siap untuk meneruskan perjuangan Syiar Islam di muka bumi ini, disamping sebagai peserta yang akan mewakili Kota Banjar pada pelaksanaan MTQ XXXV Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Raih Penghargaan WTN 2016, Banjar dapat Kendaraan Operasional dari Pemprov Jabar

    Karena berhasil dalam Pembangunan Lalulintas dan Angkutan Jalan, Kota Banjar raih Penghargaan Wahana …

Menkominfo: Jangan Dewakan Teknologi, Jadikan Enabler!

      Jakarta, Kominfo – Lingkungan yang sering berubah dengan sangat cepat dan disruptif …