Monitoring Dan Evaluasi Tata Cara Pelaksanaan Kerja Sama Daerah Resmi Di Buka Wali Kota Banjar

Sebagai upaya untuk meningkatkan Pemahaman Perangkat Daerah dalam melakukan alur dan proses penyelenggaraan kerja sama serta penyusunan naskah kerjasama, Bagian Pemerintahan Setda Kota Banjar menggelar Monitoring dan Evaluasi Tata Cara Pelaksanaan Kerja Sama Daerah yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Setda Kota Banjar dengan menghadirkan 2 (dua) orang narasumber dari Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Jawa Barat. Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka secara langsung kegiatan yang diikuti oleh perwakilan Perangkat Daerah Kota Banjar. Selasa (23/11/2021).
Dalam arahannya, Wali Kota menuturkan, dalam pelaksanaan kerja sama diperlukan penyusunan naskah kerja sama yang sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah dengan Daerah lain dan Kerja Sama Daerah dengan Pihak Ketiga. “Ikatan kerja sama yang dibentuk antara pemerintah daerah dengan daerah lain maupun pihak ketiga harus saling menguntungkan dan jelas dasar hukum untuk kedua belah pihak. Hal ini diperlukan pemahan dari seluruh Perangkat Daerah, sehingga tercipta sinergi yang saling menguntungkan,” jelasnya.
Wali Kota menambahkan, dalam pelaksanaan kerja sama dibutuhkan dukungan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah dilaksanakan dalam bentuk sinergi, yaitu pembagian peran dan tanggung jawab antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memastikan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Pada Tahun 2021, Pemerintah Kota Banjar telah menjalin 10 kesepakatan bersama yang (9 kerja sama dengan pihak ketiga dan 1 kerja sama dengan daerah lain). Selain itu telah dilakukan pula 9 perjanjian kerja sama (7 kerja sama dengan pihak ketiga dan 2 kerjasama dengan daerah lain), serta 5 nota kesepakatan sinergi,” pungkas Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …

Tinggalkan Balasan