Home / Berita Banjar / Mewujudkan Pelajar Berprestasi dan Berkarakter

Mewujudkan Pelajar Berprestasi dan Berkarakter

   Kebahagiaan bercampur haru terasa ketika ratusan pelajar tingkat SMA dan SMK mengikuti Assessment Vocation Occupation Career (AVOCA) di Aula Setda Kota Banjar Selasa, 12 Desember 2017. Kegiatan itu diselenggarakan Radar Training Center (RTC) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Banjar, PKK, serta melibatkan SMAN 1, SMAN 2, SMKN 1 Banjar dan SMK Muhammadiyah Banjar.
   Pada sesi pertama, fasilitator AVOCA Yahya Setia Purwata mengajak peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian masuk dalam sesi pengenalan minat dan bakat peserta. “Setelah pengenalan minat bakat, kita masuk ke sesi assessment. Dilanjutkan dengan renungan dan pembinaan pola asuh anak oleh orang tua,” ujar pria yang akrab disapa Kang Yahya ini.
    Sesi assessment disampaikan oleh tester Avoca Dadi Darsono. Dia mengajak peserta mengisi kuisioner tentang minat dan bakat. Tujuannya mengetahui karakter dari masing-masing peserta. “Karena untuk meraih kesuksesan berawal dari karakter yang baik,” katanya. Lebih jauh, Kang Dadi mengajak peserta belajar sungguh-sungguh supaya menjadi orang pintar demi menggapai impian dan cita-cita. “Tapi jangan lupa bahagiakan orang tua,” ujarnya.
    Usai sesi assessment, peserta kemudian diberi sedikit pencerahan tentang bagaimana fungsi otak. Pada sesi itu diperlihatkan sebuah video bagaimana otak bekerja sesuai instruksi. Setelah mendapatkan pencerahan fungsi dan cara kerja otak, peserta digiring ke sesi renungan. Mereka diajak melihat video tentang sosok seorang ayah. Berjuang bagi anaknya. Juga pengorbanan ibu ketika melahirkan yang penuh dengan perjuangan serta pengorbanan.
    Saat pemutaran video, Kang Yahya mengajak peserta merenung tentang pengorbanan orang tua, khususnya sosok ibu yang telah berjuang melahirkan, merawat, membesarkan dan mendidik anaknya supaya menjadi anak yang berguna. “Jangan kau lupakan pengorbanan mereka. Bagaimana ketika ibu telah tiada, siapa yang akan menjaga dan mengurus di rumah,” ungkapnya.
     Saat renungan, satu per satu peserta meneteskan air mata. Suara tangisan pun menggelegar. Peserta mengingat betapa besar pengorbanan seorang ibu. Bahkan, Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih ikut meneteskan air mata. Di sisi lain, orang tua peserta yang hadir pada kegiatan itu pun tak kuasa menahan tangis. Mereka segera menghampiri anaknya. Mereka saling memaafkan.
    Sesi terakhir, siswa dipersilakan menunggu di luar. Giliran orang tua siswa yang ikut sesi parenting yang dibawakan oleh Basuki Winoto. Pada sesi itu, Mas Bas, sapaannya, mengajak orang tua membangun karakter anak lebih baik lagi. Orang tua juga harus mengikuti perkembangan zaman. “Karena peran orang tua sangat penting dalam meningkatkan karakter anak,”ujarnya. Selain itu, dia mengajak orang tua tidak mudah marah atau membentak anak-anaknya. Menurut dia, itu bisa merusak sel otak anak dan membuat racun bagi dirinya sendiri.
    Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mewujudkan siswa berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia. Kegiatan berawal dari keprihatinannya pada era globalisasi saat ini. “Dulu orang tua kita dalam mendidik anak tidak terlalu berat. Tapi zaman sekarang menjadi orang tua tantangan sangat berat akibat zaman now,” ungkapnya.
     Menurut beliau racun dan madu ada di tangan yaitu smartphone. Teknologi ini punya pengaruh luar biasa. Jika tidak diantisipasi maka dampaknya nanti sangat fatal. “Kenapa harus dikhawatirkan? Karena pengaruh sangat luar biasa. Kalau dibiarkan, sama halnya seperti narkoba, merusak. Jadi orang tua zaman now tidak hanya sekadar berdoa dan ikhtiar tapi harus berusaha merubah anaknya menjadi lebih baik,” jelasnya.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

KUNKER WALI KOTA BANJAR KE DESA MULYASARI

   Rabu, 17 Oktober 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …

Wali Kota Banjar Jenguk Korban Gempa Palu

   Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menjenguk korban bencana gempa Palu Sulawesi Tengah …