Launching Inovasi Layanan SAMSAT Di Komunitas Perempuan (SAMSAT DIKOPERAN)

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., menghadiri kegiatan Launching Inovasi Layanan SAMSAT Di Komunitas Perempuan (SAMSAT DIKOPERAN), bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini Tahun 2022, yang bertempat di Halaman Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Banjar Jalan Gerilya, Pamongkoran Kota Banjar. Kamis (21/4/2022).
Inovasi SAMSAT-DIKOPERAN  dibuat sebagai salah satu jawaban dan solusi terhadap permasalahan Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) dengan kepemilikan KBM atas nama perempuan di Kota Banjar. Inovasi ini dibuat berdasarkan kepada beberapa hal, diantaranya : tingginya jumlah populasi perempuan di Kota Banjar yaitu 102.950 orang / 49,92%, hampir setengahnya memiliki kendaraan bermotor  dan banyak yang belum melakukan daftar ulang; sosialisasi yang belum masif kepada kaum perempuan tentang kemudahan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor; kesadaran kaum perempuan dalam membayar pajak kendaraan bermotor masih rendah. Target SAMSAT-DIKOPERAN menyasar masyarakat umum perempuan yang memiliki kendaraan bermotor baik roda 2 ataupun roda 4, ASN perempuan di Kota Banjar yang memiliki kendaraan bermotor, serta Komunitas-komunitas Perempuan di Kota Banjar.
Mekanisme yang dilakukan dari inovasi ini adalah : Samsat P3DW Kota Banjar akan memfasilitasi menyediakan Layanan Mobil Samsat Keliling/Gendong bagi masyarakat umum Wajib Pajak (WP) perempuan di lokasi tertentu, dengan kepemilikan kendaraan bermotor atas nama perempuan dengan persyaratan yang telah ditentukan. Minimal WP perempuan yang akan difasilitasi berjumlah 10 Wajib Pajak.
Samsat P3DW Kota Banjar akan memfasilitasi menyediakan Layanan Samsat Gendong bagi ASN perempuan di Perangkat Daerah Kota Banjar, selain di Pusat Perkantoran Kota Banjar yang telah ada dengan kepemilikan kendaraan bermotor atas nama ASN Perempuan tersebut, dengan persyaratan yang telah ditentukan. Minimal WP ASN perempuan yang akan difasilitasi berjumlah 10 WP. Samsat P3DW Kota Banjar akan memfasilitasi menyediakan Layanan Samsat Gendong bagi WP Komunitas-komunitas perempuan di lokasi tertentu di Kota Banjar dengan kepemilikan kendaraan bermotor atas nama anggota perempuan tersebut, dengan persyaratan yang telah ditentukan. Minimal WP dari Komunitas Perempuan yang akan difasilitasi berjumlah 10 WP.
Dalam arahannya, Wakil Wali Kota mengatakan bahwa pembangunan di Provinsi Jawa Barat termasuk di Kota Banjar, tidak terlepas dari strategi pengarusutamaan gender yang sangat erat kaitannya dengan cita-cita R.A. Kartini sebagai pelopor emansipasi wanita di Indonesia. Pengarusutamaan gender bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang melibatkan seluruh masyarakat termasuk perempuan dan anak agar memiliki akses,  partisipasi, kontrol dan manfaat yang sama dalam pembangunan. “Salah satu bentuk nyata dari inovasi dan kolaborasi dalam pembangunan dapat dilihat pada kegiatan hari ini yaitu kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kota Banjar dan Komunitas Perempuan di Kota Banjar melalui Launching Inovasi Layanan SAMSAT Di Komunitas Perempuan (SAMSAT DIKOPERAN), yang bertepatan dengan peringatan Hari Kartini Tahun 2022 dan diselenggarakan oleh Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Banjar,” jelasnya.
Inovasi ini, tambah Wakil Wali Kota, sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap komunitas perempuan di Kota Banjar yang tujuannya adalah untuk mengakomodir aspirasi Komunitas Perempuan di wilayah Kota Banjar dalam hal kemudahan layanan fasilitas kendaraan pembayaran pajak kendaraan bermotor. “Atas nama Pemerintah Kota Banjar, saya mengucapkan terima kasih kepada P3DW Kota Banjar dan Kapolres Banjar atas dukungan yang dilakukan untuk masyarakat Kota Banjar dalam program pemberdayaan perempuan di Kota Banjar. Saya berharap dengan inovasi ini akan mempermudah kaum perempuan dalam proses pembayaran pajak Kendaraan bermotor,” pungkasnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Banjar, Kepala Kantor pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Banjar, Kepala Kantor Jasa Raharja Wilayah Tasikmalaya, Pimpinan Cabang BJB, Perwakilan Organisasi Wanita se-Kota Banjar, serta Sekretaris Dinas Sosial P3A. Launching Inovasi Layanan SAMSAT Di Komunitas Perempuan (SAMSAT DIKOPERAN) ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Wali Kota dengan didampingi oleh Kapolres Banjar, Kepala Kantor pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Banjar, Kepala Kantor Jasa Raharja Wilayah Tasikmalaya serta Pimpinan Cabang BJB.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Launching Program Penyaluran Bantuan Tunai Kaki Lima Dan Warung (BTKLW) Minyak Goreng Oleh TNI Kodim 0613/Ciamis

Bertempat di Makoramil 1313 Banjar, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan …

Launching Program Bantuan Sosial RASTRA Daerah Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Halaman Pendopo Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., …