Launching Gerakan Keluarga Sehat Tanggap Dan Tangguh Bencana

Bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., melaunching Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana. Kamis (4/8/2022).
Kegiatan ini dirangkaikan dengan Pertemuan Rutin PKK dan DWP Kota Banjar Bulan Agustus Tahun 2022, yang dihadiri secara langsung oleh Ketua Pokja IV PKK Provinsi Jawa Barat, Pembina DWP Kota Banjar, Ketua TP PKK Kota Banjar, serta jajaran Pengurus TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan, serta DWP se-Kota Banjar. Pada kesempatan tersebut diserahkan penghargaan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjar kepada RW 10 Desa Kujangsari sebagai Juara Harapan III Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Karbohidrat Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 Kategori Kota.
Ketua TP PKK Kota Banjar mengatakan, bahwa gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana merupakan inisiasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah yang meliputi peningkatan kesehatan lingkungan dan perencanaan sehat dengan mengedepankan pelaksanaan 4 (empat) program utama sebagai gerakan bidang kesehatan keluarga dan lingkungan. “Maksud dari gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana adalah peningkatan kualitas kesehatan, peningkatan kelestarian lingkungan hidup, peningkatan perencanaan sehat yang bertujuan untuk menjadikan individu keluarga dan masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dan perencanaan dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya. Namun demikian PKK tidak dapat bergerak sendiri, diperlukan sinergi dan kerja sama dari seluruh stakeholder untuk meysukseskannya,” tegasnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjar sebagai Pembina DWP menuturkan, keluarga merupakan institusi terkecil yang memiliki peranan sangat strategis. Keluarga sehat, harmonis dan bahagia menjadi modal utama dalam mensukseskan Program Pemerintah. “Keluarga bukan hanya lingkungan di rumah semata, untuk itu mari kita pupuk kebersamaan baik di lingkungan keluarga dirumah, keluarga di organisasi, maupun Pemerintahan Kota Banjar, sehingga bisa menjadi  baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur dapat tercipta,” harapnya.
Wali Kota Banjar menuturkan, Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana merupakan strategi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang masih dihadapi keluarga Indonesia khususnya di Kota Banjar. Permasalahan itu misalnya di bidang kesehatan, seperti persoalan stunting dan pandemi Covid-19. Permasalahan lainnya yakni penurunan kualitas lingkungan hidup dan perilaku yang keliru dalam merencanakan keluarga sehat serta sejahtera. “Salah satu permasalahan yang menjadi fokus Pemerintah saat ini adalah penanganan Covid-19 dan prevalensi angka stunting yang masih tinggi. Dengan sosialisasi hari ini, anggota PKK dan DWP diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat agar mengerti hidup sehat dan yang harus dipersiapkan dalam menghadapi keadaan darurat atau bencana. Semoga ini membawa kita menjadi kota yang sehat, tanggap dan tangguh terhadap bencana,” jelas Wali Kota.
Kegiatan ini resmi  dilaunching dengan pemukulan goong oleh Wali Kota dan membunyikan angklung oleh Ketua Pokja IV PKK Provinsi Jawa Barat, serta Ketua TP PKK Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …

Tinggalkan Balasan