Koordinasi Sinergitas APIP Dan APH

Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) mempunyai peran strategis ditinjau dari aspek fungsi dan tanggung jawab dalam manajemen, dari segi pencapaian visi dan misi dan program-program pemerintah. Salah satu upaya menjalin komunikasi dan sinergi antara APIP dan APH, Inspektorat Kota Banjar menggelar Koordinasi Sinergitas APIP dan APH dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat yang dilaksanakan di Wana Wisata Situ Mustika, Kota Banjar. Jumat (26/11/2021).
Dalam sambutanya, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menuturkan, kegiatan koordinasi sinergitas ini melibatkan Kejaksaan dan Kepolisian yang merupakan salah satu bentuk penyempurnaan amanat peraturan perundang-undangan sehingga kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan di Kota Banjar dapat tercapai sejalan dengan tujuan utama, menuju Banjar Berseri. “Saya berharap APH selalu berkoordinasi dan menggandeng APIP dalam penanganan pengaduan masyarakat. APIP juga harus menjadi pencegah terjadinya kerugian daerah. Saya juga meyakini, koordinasi dan sinergitas yang baik di Kota Banjar akan berdampak pada kelancaran penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan serta perbaikan tata kelola pemerintahan akan semakin baik,” jelasnya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., menuturkan, dalam menjalan tupoksi berkaitan dengan Koordinasi Sinergitas APIP dan APH, sebagai Wakil Kepala Daerah berkewajiban mengkoordinasikan kegiatan Perangkat Daerah dan  menindaklanjuti laporan dan/atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan serta memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah. “Jadi saya juga berkewajiban mengawasi kinerja Pemerintahan. Namun tetap selalu melakukan koordinasi dan pelaporan kepada Wali Kota sehingga tidak “overlapping” namun tetap berjalan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., Kapolres Banjar, AKBP Ardiyaningsih, S.I.K., M.Si., Kajari, Ade Hermawan, SH., MH., Sekretaris Daerah Kota Banjar, Dr. H. Ade Setiana, M.Pd., para Kepala Perangkat Daerah, Jajaran Polres Banjar serta Jajaran Kejaksaan Negeri Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Wakil Wali Kota Banjar Menjadi Narasumber Acara Penyuluhan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., menjadi narasumber pada acara Penyuluhan Pendidikan Politik …

Wali Kota Banjar Buka Penyuluhan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Tahun 2022

Bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., …