Kajati Jabar Meresmikan 16 Rumah Keadilan Restorative Justice (RJ) di Kota Banjar.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Dr. Asep Mulyana meresmikan 16 Rumah Keadilan Restorative Justice (RJ) Kota Banjar yang bertempat di Wana Wisata Situ Leutik, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar. Rabu (13/07/2022).
Rombongan disambut secara langsung oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., dengan didampingi oleh Forkopimda Kota Banjar serta Sekretaris Daerah Kota Banjar. Dalam sambutannya, Kajati Jawa Barat mengapresiasi Peresmian Restorative Justice (RJ) di Kota Banjar yang secara langsung diresmikan sebanyak 16 lokasi di 16 Desa di Kota Banjar.
Menurutnya dengan adanya rumah Restorative Justice (RJ), Kejaksaan ingin keadilan dapat menyentuh langsung kepada masyarakat. “Musyawarah merupakan hukum tertinggi terutama perkara yang sederhana, kita mengutamakan pencegahan dalam penanganan masalah hukum. Sehingga diharapkan dengan adanya Rumah Restorative Justice ini, kesadaran hukum masyarakat terus meningkat,” ucapnya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas diresmikannya Rumah Restorative Justice (RJ) di Kota Banjar. Ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan masyarakat yang taat serta sadar hukum. “Ini merupakan salah satu terobosan hukum bagi masyarakat. Seperti kita ketahui bersama, musyawarah mufakat merupakan ‘adat timur’ bagi kita. Permasalahan dapat diselesaikan dengan musyawarah yang tentunya dengan tetap mengedepankan norma hukum yang berlaku. Kami berharap dengan keberadaan Kampung Restorative Justice yang pada hari ini diresmikan mampu mewujudkan kepastian hukum, mewujudkan keadilan, dan kebenaran berdasarkan hukum, serta mengindahkan norma keagamaan, kesopanan, dan kesusilaan,” jelasnya.
Launching ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita oleh Kajati Jawa Barat dengan didampingi oleh Wakil Wali Kota Banjar, Wakil Kejati Jabar, Forkopimda Kota Banjar, serta Sekretaris Daerah Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …