Home / Berita Banjar / INFORMASI KEGIATAN DINAS KETAHANAN PANGAN, PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA BANJAR 2017 (1)

INFORMASI KEGIATAN DINAS KETAHANAN PANGAN, PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA BANJAR 2017 (1)

 

Program : Peningkatan Ketahanan Pangan
Kegiatan : Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan
Foto :         
Uraian Informasi
:
       Pelaksanaan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan melalui beberapa kegiatan adalah sebagai berikut :
a.     Sosialisasi dan Pembinaan Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS)
     Upaya pemerintah untuk meningkatkan peranan perempuan adalah melalui program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) yang bertujuan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat dan sejahtera dengan meningkatkan pemberdayaan perempuan melalui sinergitas kegiatan lintas sektor bidang pembangunan. Untuk mensukseskan program tersebut diawali dengan sosialisasi pada bulan Maret dengan dibentuknya Kelompok Wanita Tani sebanyak 2 kelompok yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Berkarya dengan ketua Ibu Heni Hayati dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Jati Mandiri oleh Ibu Aah Sonaah, dengan tujuan dari pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) tersebut untuk mempermudah pembinaan terhadap 100 KK Binaan sehingga program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di pekarangan masing-masing bisa terwujud.
Adapun pembinaan rutin dilaksanakan tiap hari Jum’at dengan metoda penyuluhan, wawancara dan praktek langsung di lapangan. Puncak dari kegiatan Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) pada bulan Oktober 2017.
b.     Partisipasi Pokjanal Posyandu
Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) dan Pos Pembinaan Terpadu dalam tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan tanaman obat keluarga. Partisipasi dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar untuk pelaksanaan pengembangan Tanaman Obat Keluarga (Toga) adalah membantu menyediakan benih :
–           Jeruk nipis
–           Jahe
–           Bibit Cabe Hibrida
–           Lada
c.  Bimbingan Teknis Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)
Optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan yang selama ini telah terbukti banyak memberikan manfaat bagi masyarakat baik bagi anggota Kelompok Wanita Tani maupun lingkungan kawasan disekitarnya. Kegiatan ini dapat memberikan sumbangan pangan untuk konsumsi keluarga, menghemat pengeluaran keluarga dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari dan terjadinya diversifikasi konsumsi pangan pada rumah tangga anggota.
Kegiatan Bimbingan Teknis KRPL dilaksanakan pada bulan Maret dengan peserta sebanyak 75 orang, dengan materi sebagai berikut :
–          Pengembangan pekarangan sebagai lumbung pangan
–          Administrasi KWT pengelola KRPL
–     Pembangunan Kebun Bibit berupa bahan dan alat pembangunan bangunan fisik pembibitan.
     Sasaran kegiatan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan adalah 4 Posyandu yang tersebar Se Kota Banjar dan 100 KK Binaan P2WKSS di Desa Binangun Kecamatan Pataruman.
       Untuk melaksanakan kegiatan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun dengan anggaran yang bersumber dari APBD Kota Banjar Tahun Anggaran 2017 dengan teknik pelaksanaan sebagai berikut :
a.     Sosialisasi dan Pembinaan P2WKSS sebanyak 100 KK Binaan dilaksanakan pada Triwulan I dan IV
b.  Partisipasi Pokjanal Posyandu sebanyak 4 posyandu yang tersebar se Kota Banjar dilaksanakan pada Triwulan II
c.     Bimbingan Teknis KRPL dilaksanakan pada Triwulan I
d.  Konsultasi dan Koordinasi ke Provinsi dilaksanakan pada Triwulan I sampai dengan Triwulan IV
e.     Monitoring dan Evaluasi dilaksanakan pada Triwulan I sampai dengan Triwulan IV
f.      Tenaga Kerja Non Pegawai dibayarkan pada tiap bulan.
Sumber   Bidang Ketahanan Pangan
Kegiatan
:
Pengembangan Desa Mandiri Pangan
Foto :       
Uraian Informasi :
      Kegiatan Pengembangan Desa Mandiri Pangan akan dilaksanakan di tiga Kecamatan di Kota Banjar dengan metode pembinaan, bimbingan teknis, monitoring dan evaluasi.     Materi/bahan yang akan disampaikan pada kegiatan Pengembangan Desa Mandiri Pangan adalah sebagai berikut :
1.  Materi pembinaan adalah Pembinaan kepada Tim Pangan Desa (TPD). Lembaga Keuangan Desa (LKD), dan Kelompok Afinitas yaitu mengenai manajemen, operasional dan pelaporan.
2. Materi Bimbingan Teknis meliputi manajemen organisasi, administrasi dan dinamika kelompok.Pelaksanaan kegiatan Pengembangan Desa Mandiri Pangan adalah :
1. Pembinaan, monitoring dan evaluasi dilakukan oleh Pelaksana Kegiatan Desa Mandiri Pangan, bersama-sama dengan PPL.
2.  Bimbingan Teknik dilaksanakan oleh pelaksana Kegiatan Desa Mandiri Pangan.
Sumber   Bidang Ketahanan Pangan

 

Kegiatan
:
Pengembangan Intensifikasi Tanaman Padi, Palawija, dan Hortikultura 
Foto :       
Uraian Informasi :
     Kegiatan Pengembangan Intensifikasi Tanaman Padi, Palawija dan Hortikultura di Kota Banjar khususnya adalah komoditas padi yang mempunyai peran sangat strategis, baik dalam sistem ketahanan pangan maupun perannya sebagai penggerak roda ekonomi nasional. Padi menjadi penarik bagi pertumbuhan industri hulu dan pendorong pertumbuhan industri hilir yang berkontribusi cukup besar pada pertumbuhan ekonomi nasional.     Maksud dan tujuannya adalah sebagai berikut :1.  Maksud adalah terlaksananya Kegiatan Pengembangan Intensifikasi Tanaman Padi.2.  Tujuan :-  Menambah luas tanam padi dengan sistem tanam padi jajar legowo.-  Memotivasi petani dalam teknis intensifikasi.-   Meningkatnya produksi dan produktivitas padi.-   Evaluasi perkembangan kegiatan bidang pertanian.   Lokasi kegiatan Pengembangan Intensifikasi Tanaman Padi, Palawija dan Hortikultura T.A 2017 di 5 Kelompok Tani yaitu Kelompok Tani Langenreja, Kelompok Tani Kalapa Sabrang, Kelompok Tani Budi Famili, Kelompok Tani Sri Asih, dan Kelompok Tani Harapan Kota Banjar.Sasaran kegiatan Pengembangan Intensifikasi Tanaman Padi, Palawija dan Hortikultura Kota Banjar T.A 2017 adalah Kelompok Tani Langenreja, Kelompok Tani Kalapa Sabrang, Kelompok Tani Budi Famili, Kelompok Tani Sri Asih, dan Kelompok Tani Harapan Kota Banjar.Dengan adanya Kegiatan Pengembangan Intensifikasi Tanaman Padi, Palawija dan Hortikultura T.A 2017 diharapkan dapat berpengaruh terhadap peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura serta dapat memelihara berbagai fasilitas bantuan yang telah diberikan kepada kelompok tani dengan harapan neraca produksi dan kebutuhan padi (beras) dapat terpenuhi khususnya di Kota Banjar dan tersedianya data perkembangan kegiatan bidang pertanian.
Sumber : Bidang Pertanian
Sumber        : Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …