Hari Ulang Tahun Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Ke-17 Kota Banjar

Bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka acara Hari Ulang Tahun Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Ke-17 Kota Banjar. Senin (31/10/2022).
Kegiatan ini diikuti oleh 600 orang tutor PAUD Kota Banjar, dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjar, Ketua DWP Kota Banjar, perwakilan TP PKK Kota Banjar, serta Ketua Himpaudi Kota Banjar, dengan mengusung tema “Dalam Usia 17 Tahun Himpaudi Berupaya Meningkatkan Kualitas SDM Menuju Guru Profesional, Mandiri, Inovatif Menuju Era Digital”.
Dalam kesempatan tersebut, diserahkan penghargaan kepada Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., (Bunda PAUD Kota Banjar Provinsi Jawa Barat) atas kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung Program Bergerak Bersama Menuju PAUD Berkualitas, dari Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Wali Kota Banjar mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-17 Himpaudi Kota Banjar. Menurutnya, tugas berat diemban oleh seorang tutor PAUD. Tugas guru PAUD bukan hanya mengajar tetapi yang lebih penting adalah bagaimana memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan, juga belajar anak. Untuk dapat berperan sebagai fasilitator tentunya guru PAUD harus memiliki pemahaman yang jelas tentang belajar. Belajar terjadi karena ada proses yaitu interaksi antara individu dengan lingkungan. interaksi dengan lingkungan menimbulkan pengalaman, sedangkan hasil yang dicapai setelah belajar adalah prilaku yang meliputi pengetahuan sikap dan keterampilan. ‘Masa golden age merupakan saat yang penting dalam masa tumbuh kembang anak. Untuk itu diperlukan seorang guru yang dapat mengemban tugas berat untuk dapat mencetak generasi muda yang berkepribadian baik,” jelasnya.
Berdasar data, Angka Partisipasi Kasar (APK) Anak Nasional mencapai 41,28%, Tingkat Jawa Barat sebesar 36.28%, sedangkan Angka Partisipasi Kasar Kota Banjar sebesar 72.45%. Angka Partisipasi Kasar (APK) adalah proporsi anak sekolah pada suatu jenjang pendidikan tertentu dalam kelompok umur yang sesuai dengan jenjang pendidikan tersebut. “Hal ini menandakan di Kota Banjar persentase (%) jumlah anak usia dini yang belajar di pendidikan PAUD sangat tinggi. Semoga dengan hadirnya tutor PAUD Kota Banjar yang berkualitas, akan menghsilkan bibit-bibit SDM yang unggul,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …