Home / Agama / Hari Raya Idul Adha 1438 H

Hari Raya Idul Adha 1438 H

228-bbbb          Pada Hari Raya Idul Adha 1438 H, Wali Kota Banjar dan Wakil Wali Kota bersama para Kepala OPD melaksanakan Sholat Idul Adha bersama jajaran OPD di Mesjid Agung Kota Banjar, Jum’at, 01 September 2017.

      Dalam amanatnya Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengungkapkan bahwa Hari Raya Idul Adha harus dimaknai dengan jiwa rela berkorban selayaknya pengorbanan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan Ismail ‘alaihissalam dalam menuruti perintah Alloh SWT, “ Rela berkorban harus tertanam di setiap diri umat Islam, belajar dari Ibrahim dan Ismail rela berkorban bisa dijalankan sesuai dengan kondisi saat ini, seperti yang kita laksanakan di Kota Banjar dengan menerapkan budaya gotong royong yang didalamnya juga terdapat nilai rela berkorban. Beliau mengajak masyarakat Kota Banjar untuk menjadikan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam sebagai teladan dengan menghilangkan sifat kebinatangan yang ada pada diri setiap umat manusia, serta menghimbau masyarakat termasuk Pegawai Pemkot Banjar untuk berqurban bagi yang sudah mampu dan punya kelebihan rizqi, baik di lingkungan dinasnya maupun di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

228-aaaa          Senada dengan Wali Kota, H. Darmadji  Prawirasetia juga mengatakan momentum Idul Adha harus menjadi intropeksi bagi diri masing-masing “ intropeksi sudahkah kita berkurban, sebatas mana kepedulian kita untuk berbagi, dan mudah-mudahan kita menjadi insan yang senantiasa bersyukur” pungkasnya.

        Sholat Idul Adha 1438 H tingkat Kota Banjar ini dipimpin langsung oleh Imam dan sekaligus  Khotib, KH. Iskandar Efendi. Dalam Khutbahnya, dia menerangkan tentang Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan keluarganya yang melegenda menjadi inspirasi kepada kita semua untuk meningkatkan kualitas pribadi kita dengan hikmah berupa ilmu, kebijaksanaan dan akhlak mulia, serta membangun ketahanan keluarga dengan fondasi tauhid yang kokoh di tengah ancaman dari luar yang bisa merusak terhadap anak-anak sebagai generasi harapan umat, pelanjut perjuangan masa depan.
228-cccc       Keluarga Ibrahim ‘alaihissalam telah berhasil melewati ujian Illahi dan keluar sebagai juara, Mereka berhasil meningkatkan sifat kemanusiaannya dengan keimanan dan mengeliminir sifat kebinatangan, sebagaimana Nabi Ismail ‘alaihissalam yang diselamatkan dan diganti dengan se-ekor domba oleh Alloh SWT. Selanjutnya, umat membutuhkan keluarga seperti Ibrahim ‘alaihissalam  yang berhasil menyembelih kebinatangannya serta mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Illahi dalam dirinya. Keluarga Ibrahim ‘alaihissalam ini menjadi inspirasi di tengah realitas peradaban manusia yang dipenuhi sifat-sifat kebinatangan.

         Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini Wali Kota Banjar menyerahkan 1 ekor sapi kepada DKM Mesjid Agung Kota Banjar yang diterima oleh Ketua MUI Kota Banjar, KH. Mukhtar Gazhali,  sementara itu di lingkungan Setda Kota Banjar tahun ini terkumpul hewan qurban sebanyak 5 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

 Sumber     : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …