Home / Berita Banjar / Hari Guru Nasional dan Hut PGRI ke-72 tingkat Kota Banjar tahun 2017

Hari Guru Nasional dan Hut PGRI ke-72 tingkat Kota Banjar tahun 2017

    Sabtu, 25 November 2017 dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) ke-72 tingkat Kota Banjar tahun 2017, dengan tema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter,”. Upacara tersebut dilaksanakan di Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar.
    Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih M.Si, bertindak sebagai pembina upacara, dan dalam sambutannya Wali Kota Banjar menyampaikan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, “Guru memiliki peran yang amat mulya dan amat strategis, sebab di tangan para guru, para pamong dan tenaga kependidikan masa depan bangsa Indonesia jadi taruhan melalui anak-anak peserta didik di sekolah, di sanggar-sanggar belajar yang akan menentukan masa depan bangsa. Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu komponen yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan nasional mencerdaskan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.
        Wali Kota Banjar mengucapkan selamat Hari Guru dan selamat HUT PGRI ke 72 untuk para guru dan tenaga kependidikan yang ada di Kota Banjar khususnya, dan umumnya di seluruh Indonesia.  Wali Kota Banjar menyampaikan himbauan kepada para guru yang ada di Kota Banjar, untuk lebih meningkatkan kinerja, paham, dan memahami visi dan misi Kota Banjar, diantaranya bagaimana mewujudkan masyarakat Kota Banjar yang agamis, mandiri, dan sejahtera, sesuai dengan misi yang pertama meningkatkan sumber daya manusia, guru dituntut bisa meningkatkan indikator pembangunan di bidang pendidikan khususnya di Kota Banjar.
     Beliau meminta Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya guru menjaga netralitasnya dalam menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Banjar tahun 2018, “sebagai Aparatur Sipil Negara sudah diatur dalam Undang-Undang harus netral saat pilkada nanti,” ungkapnya. Menurut beliau Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 87 ayat 4 huruf b menegaskan bahwa PNS diberhentikan tidak hormat karena menjadi anggota dan atau pengurus partai politik, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS pasal 4 angka 15 menyebutkan setiap PNS dilarang memberi dukungan kepada calon kepala daerah atau wakil kepala daerah dengan cara : pertama ikut terlibat dalam kampanye untuk mendukung calon kepala daerah atau wakil kepala daerah. Kedua, menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye. Ketiga, membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama kegiatan kampanye. Keempat, mengadakan kegiatan yang mengarah kepada berpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama atau sesudah masa kampanye. “Kalau ada guru (ASN, red) yang terlibat, sanksinya sudah jelas. Kalau senang salah satu calon simpan dalam hati,” tegasnya.
       Ketua PGRI Kota Banjar H Dedi RS juga menegaskan guru ASN tidak boleh berpolitik. Apalagi 2018 mendatang merupakan tahun politik, sehingga harus diindahkan. “Kalau ada yang terlibat akan diberi sanksi bagi guru ASN sudah jelas aturannya. Tapi bagi guru honorer sah-sah saja ikut dalam berpolitik karena bukan PNS. Tapi tetap tidak boleh tampil paling depan,” ungkapnya.
     Upacara tersebut diikuti oleh Wakil Wali Kota Banjar, drg.H.Darmadji Prawirasetia, M.Kes, Sekda Kota Banjar, Yuyung Mulyasungkawa, sesepuh kota Banjar, Dr.dr.H.Herman Sutrisno, M.M, ketua DPRD Kota Banjar Drs.Dadang R Kalyubi, M.Si, kepala cabang Bank BJB Kota Banjar, forum koordinasi pimpinan daerah Kota Banjar, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Banjar, Ketua  PGRI Kota Banjar, Kepala Kemenag Kota Banjar, para siswa dan para guru se-Kota Banjar.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …