Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia diperingati terkait penanganan dan pencegahan HIV-AIDS di masa pandemi. Pembatasan mobilitas masyarakat misalnya, menghambat pencegahan dan pengobatan HIV di populasi rentan. Program-program lainnya seperti edukasi banyak yang terhenti karena pandemi. Peringatan Hari AIDS Sedunia Tingkat Kota Banjar dilaksanakan secara sederhanya yang digelar di Lapang Tenis Indoor Pendopo Kota Banjar, Rabu, (1/12/2021).
Hadir dalam kesempatan tersebut Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., sebagai Ketua KPA Kota Banjar, Ketua Harian KPA, H. Nana Suryana,S.Pd., Ketua IDI Kota Banjar serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar.
Dalam sambutannya, Ketua Harian KPA Kota Banjar menuturkan, tema Hari AIDS Sedunia 2021 adalah, “End Inequalities. End AIDS” (Akhiri Ketimpangan, Akhiri AIDS). Tema ini punya pesan penting yang ingin disampaikan,diantaranya berkomitmen untuk mengakhiri penyebaran HIV AIDS, atasi HIV dan Covid-19, bersama-sama serta fokus pada kesetaraan. “Sudah saatnya semua pemimpin-pemimpin dunia mengambil sikap. Kita tidak bisa memilih untuk mengatasi Covid-19 atau AIDS saja hari ini. Keduanya harus dilakukan bersamaan jika ingin sukses,” pungkasnya.
Wali Kota Banjar, sebagai Ketua KPA mengatakan, pada peringatan Hari AIDS Sedunia 2021, diharapkan setiap orang dapat memiliki akses yang cukup untuk melakukan pencegahan bahkan pengobatan penyakit HIV AIDS. Hentikan banyaknya ketimpangan pelayanan bagi masyarakat yang terkena. “Peringatan Hari AIDS tahun ini memastikan bahwa setiap orang memiliki akses yang sama untuk pencegahan, pengujian, pengobatan, dan perawatan penyakit HIV AIDS. Akses yang sama juga termasuk untuk vaksinasi dan layanan Covid-19,” ujarnya.
Acara dilakukan dengan dialog bersama peserta, banyak peserta yang mengeluhkan adanya diskriminatif dari masyarakat serta susahnya mendapatkan pengobatan. Direktur RSUD menuturkan obat-obatan AIDS yang disiapkan akan dipindahkan ke Puskesmas untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan sembako dari KPA Provinsi Jawa Barat.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Wakil Wali Kota Banjar Tinjau Peternakan Domba Di Lokasi Sarana Asimilasi Dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar

Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana bersama Kasatpol PP, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bapelitbangda, …

Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022

Dalam rangka memperingati Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022, Wali Kota Banjar, …