Home / Berita Banjar / HARI AGRARIA NASIONAL TINGKAT KOTA BANJAR

HARI AGRARIA NASIONAL TINGKAT KOTA BANJAR

          Di Aula Setda Kota Banjar, Senin, 25 September 2017, berlangsung acara Apel Hari Agraria Nasional Tingkat Kota Banjar Tahun 2017 dan yang bertindak selaku Pembina Apel adalah Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si.

     Pada kesempatan tersebut hadir Kepala BPN Kota Banjar dan seluruh Keluarga Besar Badan Pertanahan Nasional Kota Banjar, serta hadir pula Wakil Wali Kota Banjar, Sekretaris Daerah dan para Kepala OPD.

        Wali Kota menyampaikan bahwa Hari Agraria Nasional tahun ini bertemakan “Sertifikasi tanah dan penataan tata ruang untuk kesejahteraan rakyat”, tema tersebut mengandung maksud agar kita semua, baik jajaran Kementerian BPN, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/ Kota, para Stake holder serta seluruh lapisan masyarakat dapat bersatu padu dan ikut berperan aktif dalam mensukseskan berbagai program strategis nasional dibidang agraria/ pertanahan dan penataan ruang yang lebih berkualitas.

      Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN terus berupaya menyelesaikan permasalahan pertanahan,  tapi ketimpangan struktur penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah masih terjadi yang mengakibatkan masih tingginya angka kemiskinan, pengangguran, sengketa dan konflik tanah serta kerusakan lingkungan. Pembangunan ekonomi yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masih terhambat oleh belum maksimalnya pengaturan masalah ketanahan, konflik pertanahan dan partisipasi masyarakat dalam system keuangan modern terkendala terbatasnya jumlah tanah yang sudah terdaftar dan bersertifikat. BPN dibentuk guna menyatukan fungsi tata ruang dan pertanahan sehingga dapat mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, serta spirit pengintegrasian tata ruang dan pertanahan ini perlu dijiwai secara menyeluruh.untuk mengurangi ketimpangan tersebut pemerintah mencanangkan Program Reformasi Agraria yang merupakan suatu proses berkesinambungan demi kepastian dan perlindungan hukum serta keadilan dalam bidang pertanahan serta merupakan program legalisasi dan retribusi tanah seluas 9 juta hektar terdiri dari 600 ribu hektar tanah transmigrasi, 3,9 juta hektar tanah legalisasi aset, 400 ribu hektar tanah terlantar, dan 4,1 juta hektar tanah kawasan hutan.

         Pada acara tersebut juga diserahkan sertifikat tanah dan penghargaan untuk pegawai BPN, sertifikat tanah yaitu untuk Pemerintah Kota Banjar atas hak pakai rest area Batulawang, dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk Desa Mekarharja saudara Drs Saepuloh dan Herlina, Desa Raharja  saudara Kasimin dan Sri Maryati, Desa Mulyasari saudara Nesih dan Ending, Kelurahan Pataruman saudara Taryo dan Eyoh, serta Kelurahan Banjar saudara Komar dan Wiwin, sementara untuk Penghargaan Satya Lencana untuk Deni Ahmad Hidayat, SH, MH pengabdian 30 tahun, Jani Levinus Loupaty pengabdian 30 Tahun  dan Agus Soefiana, SH pengabdian 20 tahun.

Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …