Festival Paguyuban SRC Kota Banjar

Bertempat di Gedung Graha Banjar Idaman (GBI), Paguyuban SRC Kota Banjar menggelar festival yang diikuti ratusan anggota dan UMKM se-Kota Banjar. Hadir membuka kegiatan Komunitas Toko Kelontongan ini, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H, didampingi Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar, Edi Herdianto, S.Sos, M.Si, dan jajarannya, serta Kabid Pengendalian DPMPTSP Kota Banjar. Rabu (19/10/2022).
Ketua Paguyuban SRC Kota Banjar, Basir dalam kesempatan tersebut menyebutkan pihaknya memiliki keinginan untuk bisa maju dan bersaing di era modern ini. “Walau kami ini toko tradisional tapi kami menolak untuk ketinggalan jaman dan siap menjadi lebih baik dengan penataan toko agar lebih baik dan terang juga diperkenalkan dengan pemasaran secara digitalisasi,” jelasnya.
Festival Paguyuban SRC yang beranggotakan lebih dari 300 pedagang kelontongan ini, baru pertama kalinya menggelar festival di Kota Banjar dengan tujuan untuk memperkenalkan bahwa toko kelontongan siap bersaing dengan toko modern. “Toko kelontongan kami ini memiliki ciri khas dari warna yang didominasi warna merah dan putih, serta penataan secara retail modern dan di dalamnya menyediakan pula produk UMKM lokal sebagai bentuk dukungan kami untuk pemulihan ekonomi masyarakat,” kata Basir.
Sementara itu, Wakil Wali Kota menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan Festival Paguyuban SRC ini, di mana Pemerintah memang saat ini sedang konsen di pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. “Ditambah dengan naiknya angka pengangguran yang sebelum pandemi di angka 10 ribuan kini tumbuh cepat menjadi 13.700 pengangguran,” ungkapnya.
Untuk mengatasi itu, selain diperlukan investor yang bisa membuka lapangan pekerjaan baru di Kota Banjar, juga salah satunya dengan memberikan pembinaan maupun pelatihan jiwa kewirausahaan. Salah satu pelatihan dan pembinaan yang diberikan kepada para pelaku UMKM ini dilakukan Pemerintah Kota Banjar untuk meningkatkan kualitas produk dan sistem pemasarannya dimana selain sudah dilengkapi sertifikat halal dan PIRT juga dikemas dengan kemasan yang menarik. “Kami sangat berterimakasih kepada PT. Sampoerna Retail Community (SRC) yang telah merangkul para pelaku UMKM dengan menyediakan space khusus bagi produk UMKM Kota Banjar. Ini membuktikan bahwa SRC dan Paguyuban SRC Kota Banjar, turut berkontribusi dalam membangun perekonomian di Kota Banjar dan mendukung pemulihan ekonomi yang selama ini digalakkan oleh Pemerintah,” ucapnya.

Sumber      : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …