Home / Berita Banjar / Diskomifo Kota Banjar menyelenggarakan Sosialisasi E-Government Dan Keamanan Informasi Kota Banjar Tahun 2019

Diskomifo Kota Banjar menyelenggarakan Sosialisasi E-Government Dan Keamanan Informasi Kota Banjar Tahun 2019

Rabu, 24 Juli 2019 Bertempat di Aula Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Banjar, berlangsung Acara Sosialisasi Penyelenggaraan E-Government dan Keamanan Informasi Kota Banjar tahun 2019. Acara ini dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, hadir mendampingi, Kepala Dinas Kominfo Kota Banjar dan Kepala Perangkat Daerah lainnya. Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo Kota Banjar menyampaikan bahwa peserta terdiri dari Sekretaris Perangkat Daerah, Lurah dan  Kepala Desa Se-Kota Banjar, dan narasumber kegiatan berasal dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ibu Tiomaida Seviana Hasmidawati Hasugian Dan Ibu Dian Istanti. Kegiatan ini bertujuan agar pelayanan publik pada Pemerintah Kota Banjar bias lebih baik dan cepat seiring dengan kemajuan teknologi.
   Tahun 2017 Pemerintah Kota Banjar sudah mengadakan MoU dengan Pemerintah Kota Bandung berkaitan dengan transfer teknologi informasi dan komunikasi menuju kota Smart City, bahkan sudah ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara Dinas Kominfo Kota Bandung dengan Dinas Kominfo Kota Banjar, dan mengenai tindak lanjut transfer beberapa aplikasi yang akan diterapkan di Kota Banjar. Pada tahun ini sedang dirintis kerjasama dengan Badan Sertifikat Elektronik (BSRE) dari Badan Siber Dan Sandi Negara ( BSSN ) untuk kerjasam pemanfaatan sertifikat elektronik dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( SPBE / e-government ).
Dalam sambutanya Wakil Wali Kota Banjar mengatakan bahwa “ Penataan pelayanan instansi pemerintah berbasis elektronik sudah menjadi kebutuhan sebagai bagian dari tata kelola pemerintahan yang baik, sayangnya tingkat keamanan informasi masih kurang. Pada prinsipnya tidak ada informasi yang aman, tetapi sejalan banyaknya informasi yang disajikan pemerintah sebagai bagian dari pelayanan semakin banyak pula tantangan keamanan informasi. Keamanan informasi biasanya menyangkut kerahasiaan, keutuhan dan ketersediaan”
  Tujuan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( SPBE ) adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel sehingga tercapai peningkatan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaran pemerintahan.
Dian Istanti menambahkan bahwa “Salah satu manfaat langsung dari penerapan e-Government adalah adanya pemangkasan biaya dan waktu, serta meminimalisasi kemungkinan terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat,” tambahnya.
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Sholat Istisqo di Kecamatan Purwaharja

Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Istisqa. Kecamatan Purwaharja …

Tinjauan Sekolah Sehat

   Kamis, 17 Oktober 2019, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …