Home / Berita Banjar / Banjar Gelar Porsadin VI

Banjar Gelar Porsadin VI

  Ribuan santri Diniyah Takmiliyah memadati Ponpes Darul Huda asrama putri- Balokang Kecamatan Banjar Kota Banjar untuk mengikuti acara Pembukaan Pekan Olahraga & Seni Santri Diniyah (PORSADIN) VI Tingkat Kota Banjar tahun 2017 pada hari Kamis, 14 Desember 2017.
    Kemeriahan ini sebagai sebuah kerjasama positif yang dibangun antara Pemerintah Kota Banjar dengan Kementerian Agama Kota Banjar dan FKDT Kota Banjar sebagai perhatian terhadap Diniyah Takmiliyah.
Cabang yang dilombakan pada PORSADIN tahun 2017 ini terdiri dari 6 cabang Lomba: yaitu  Hifdzil Quran 30 Juz, Murottal, Pidato, Pencak silat, dan Cerdas Cermat, serta Futsal. Peserta merupakan utusan dari FKDT dari 4 Kecamatan se -Kota Banjar.
    Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., Beliau mengatakan bahwa Diniyah Takmiliyah sampai saat ini telah memberikan peran tersendiri membantu Pemerintah Kota Banjar dalam mencerdaskan anak bangsa dan menghidupkan pendidikan agama bagi generasi bangsa.Katanya, oleh karenanya, beliau selaku Wali Kota dan atas nama Pemerintah Kota Banjar akan terus berupaya untuk selalu memberikan perhatian dan dukungan kepada Diniyah Takmiliyah dalam rangka memberikan layanan pendidikan keagamaan bagi masyarakat Kota Banjar.
   Melalui Porsadin diharapkan mampu membentuk sikap dan mental yang sportif serta melahirkan generasi Qur’ani yang memiliki kejujuran, selain itu menjalin silaturrahmi antar santri terjaga juga sebagai wadah untuk melakukan seleksi dan untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dari berbagai MD “Setiap MD memiliki karakter tersendiri, sehingga melalui wadah Porsadin ini sangat efektif untuk membangun kebersamaan dan silaturrahmi”.
Gali Bakat Santri Diniyah
    Santri-santri dari sekolah diniyah mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) se-Kota Banjar. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mempererat silaturahmi antar diniyah.
Kepala Kemenag Kota Banjar Undang Munawar mengatakan lomba dalam Porsadin itu diantaranya pidato bahasa arab, pidato bahasa Indonesia, puisi islam, hifdzil quran juz 30, murattal wal imla, kaligrafi, tenis meja, atletik sprint, cerdas cermat dan futsal. ”Semuanya diselenggarakan hari ini (kemarin, Red),” ungkapnya di Ponpes Darul Huda Kamis (14/12).
Dikatakannya, pemenang pada Porsadin tingkat Banjar nantinya akan tampil pada Porsadin tingkat Provinsi Jawa Barat. ”Yang terbaik bisa langsung mewakili Kota Banjar dan tentunya akanmendapatreward,”ujarnya.
Selain untuk berlomba, tujuan Porsadin adalah untuk mempererat tali silaturahmi santri diniyah se-Kota Banjar. ”Juga menggali bakat santri diniyah,” katanya.
Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengatakan jika anak dibiasakan untuk berkompetisi sejak kecil maka kelak akan sukses. ”Saat besar nanti mereka bisa bersaing dalam kehidupan,” ucapnya.
Dia pun mengajak kepada siswa lainnya untuk mengaji di diniyah. ”Jadi tidak hanya menekuni ilmu duniawi saja tapi juga untuk bekal akhirat kelak,” terangnya.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

DIKLAT PENATAUSAHAAN KEUANGAN DAERAH LINGKUP PEMKOT BANJAR

   Laporan Keuangan Daerah  Pemerintah Kota Banjar yang selalu memperoleh Opini WTP selama 8 kali …

Pencanangan Rencana Aksi Pengembangan Pariwisata Terintegrasi di Priangan Timur

    Pemerintah Kabupaten Kota di Priangan Timur siap mendukung kesepakatan bersama dalam mengembangkan pariwisata …