Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0613 Ciamis di Desa Mekarharja

Program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) dari Kodim 0613 Ciamis merupakan bentuk pendekatan pembangunan dan terminologi kebijakan pembangunan yang berkaitan erat dengan pelaksanaan peningkatan pembangunan masyarakat di Desa dan Kelurahan. Program ini dilaksanakan sebagai upaya membantu akselerasi pembangunan di Desa dan Kelurahan, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa.
Dalam rangka melaksanakan program tersebut, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., membuka kegiatan BSMSS Tahun 2022 di halaman Masjid Baiturrohman Dusun Cibentang Desa Mekarharja Kecamatan Purwaharja, Selasa (05/7/2022). “BSMSS yang dianggarkan dari APBD Provinsi dan APBD Kota tahun ini akan melaksanakan 2 (dua) sasaran yang terdiri dari sasaran fisik dan sasaran non fisik,” terangnya. Wakil Wali Kota mengatakan program ini merupakan sebuah bentuk kolaborasi yang nyata antara Pemerintah Kota Banjar, TNI/Polri serta masyarakat yang tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat. “Saya yakin, program ini akan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan perbaikan akses jalan, maka kegiatan distribusi ekonomi masyarakat akan semakin mudah dan cepat,” paparnya.
Selain sasaran fisik, lanjutnya, kegiatan ini juga melaksanakan sektor non fisik yang diisi dengan sosialisasi wawasan kebangsaan yang sangat berguna untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat agar terhindar dari perpecahan yang disebabkan oleh radikalisme dan berita-berita hoax. “Saya harap program ini berjalan dengan lancer, dan semoga berimbas terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.
Sementara itu, Dandim 0613 Ciamis Letkol. Inf. Wahyu Alfiyan Arisandi, S.IP., M.I., menyebutkan sasaran fisik tersebut dilaksanakan dengan melakukan pengaspalan jalan sepanjang 350 meter dengan lebar 2.5 meter, yang berada di Dusun Cibentang RT 11 RW 06, Desa Mekarharja Kecamatan Purwaharja. Kemudian untuk sasaran non fisik diisi dengan sosialisasi tentang Stunting, Posyandu, dan Posbindu, sosialisasi wawasan kebangsaan tentang Bela Negara untuk menjaga keutuhan NKRI. “Penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat serta pencegahan penyalahgunaan narkotika, perjudian dan sosialisasi tentang pelanggaran pinjam nama sesorang dalam penggadaian barang serta perbedaan tugas antara pengadilan agama dan kejaksaan agung,” jelasnya.
BSMSS rencananya dilaksanakan selama 14 hari dengan melibatkan 56 personel yang berasal dari TNI, Polri, Instansi terkait serta masyarakat. Pembukaan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota dengan melakukan pemukulan gong serta penyerahan alat-alat bantu kerja. Kegiatan ini mendapatkan dukungan bantuan dari Provinsi Jawa Barat serta Pemerintah Kota Banjar berupa stimulan dalam bentuk barang material dan juga bahan kontak untuk diserahkan kepada masyarakat. Keberhasilan program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) dari Kodim 0613 Ciamis ini, sangat ditentukan oleh kerja sama yang baik dari semua pihak dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …