Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya Tahun 2021 Tingkat Polres Banjar

Kamis, 23 Desember 2021, bertempat di halaman Mapolres Kota Banjar, personel Gabungan TNI, Polri, Pemkot Banjar, serta instansi terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya Tahun 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022. Apel Gelar Pasukan yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., ini diikuti oleh peserta apel personel dari Subdenpom III/2-4, Kodim 0613/Ciamis, Polres Banjar, Satpol PP, Dishub, BPBD, serta RAPI, Orari, Pramuka dan Dinkes Kota Banjar.

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut dilaksanakan pemeriksaan pasukan oleh Wali Kota Banjar sebagai pimpinan apel dengan didampingi oleh Forkopimda Kota Banjar, kemudian dilanjutkan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personel dari masing-masing instansi.
Wali Kota Banjar sebagai pimpinan apel membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dikatakan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dimaksudkan untuk pengecekan akhir sebelum pelaksanaan pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru  “Selain konsentrasi terhadap arus lalu lintas, objek-objek wisata pun menjadi sasaran pengamanan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 ini guna meminimalisir kerumuna. Jika ada kepentingan yang terpaksa harus keluar rumah hendaknya tetap melaksanakan prokes. Polri secara serentak melaksanakan Operasi Lilin Lodaya Tahun 2021 dilaksanakan selama 10 hari terhitung sejak tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 02 Januari 2022,” ujar Wali Kota.
Setelah kegiatan tersebut Kapolres Banjar AKBP Ardiyaingsih  mengatakan bahwa pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut dalam rangka Operasi Lilin Lodaya Tahun 2021. “Sebanyak 430 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemkot Banjar serta instansi terkait dalam pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Kami menghimbau kepada warga masyarakat Kota Banjar untuk tetap di rumah dan tidak mengadakan acara apapun dalam merayakan Tahun Baru,” ujar Kapolres.
Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Banjar, Ketua Pengadilan Negeri,  Kalapas, Kasatpol PP, Kalak BPBD, Danyonif Raider 323/BP, Pabung Kodim 0613/Ciamis Wilayah Banjar, Kadishub Kota Banjar, Pejabat Utama Polres Banjar, Kapolsek Jajaran dan para perwira, serta peserta apel dari Subbdenpom III/2-4 Banjar.
Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, S.I.K, M.Si menambahkan bahwa ada 430 personil yang dilibatkan dalam Operasi Lilin Lodaya kali ini. Dirinya menegaskan bahwa tidak ada penyekatan atau putar balik pelaku perjalanan melainkan hanya pengecekan kartu vaksin dan pengetatan prokes. “Pelaksanaan Ops Lilin Lodaya Tahun 2021 ini difokuskan pada pengamanan dan pelayanan terhadap masyarakat dan tidak memutarbalikkan kendaraan maupun penyekatan tapi pengecekan kartu vaksin dan penerapan prokes. Selain itu, Polres berencana untuk  mendirikan Pos-pos pengamanan, Pos terpadu dan pelayanan. Dalam rangka operasi Natal dan Tahun Baru ini, pos tersebut didirikan untuk  memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat,” sebutnya.
Lebih lanjut Kapolres juga mengatakan selain melaksanakan pengamanan dan pelayanan, pos tersebut juga digunakan untuk pengawasan terhadap kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan karena saat ini masih dalam situasi pandemi. “Pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya ini dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 02 Januari 2022,” pungkasnya.
Di samping pengawasan prokes, dalam kurun waktu libur Nataru, Polres Banjar akan melakukan testing swab acak bagi pelaku perjalanan secara acak dan apabila ada yang kedapatan positif Covid-19 maka akan di isolasi di Rumah Sakit.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Upacara Puncak Peringatan HUT Ke-77 TNI

Bertempat di Lapang Lokasana Kabupatan Ciamis, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., …

Wali Kota Banjar Hadiri Pembukaan Pelatihan Digital Leadership Academy

Bertempat di Gedung Sate, Bandung, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri …