Home / Berita Banjar / APEL GABUNGAN LINGKUP PEMKOT BANJAR

APEL GABUNGAN LINGKUP PEMKOT BANJAR

    Dihalaman Setda Kota Banjar, Senin, 04 Desember 2017, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si memimpin langsung Apel Gabungan lingkup Pemerintah Kota Banjar bulan Desember Tahun 2017. Pada kesempatan tersebut juga hadir Wakil Wali kota Banjar, Sekretaris Daerah, dan para Kepala OPD, serta Peserta Apel dari semua OPD lingkup Pemerintah Kota Banjar, serta ada juga dari pihak Bank Bjb Banjar. Sebelum dimulai apel dilaksanakan pembacaan Asmaul Husna terlebih dahulu.
    Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan bahwa Apel Gabungan merupakan salah satu upaya  untuk meningkatkan disiplin bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), juga menjadi sarana untuk menyamakan persepsi, koordinasi, dan silaturahmi antar semua pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Banjar. Sebab keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari disiplin para ASN sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, ASN di Pemerintah Kota Banjar harus mematuhi segala bentuk aturan yang berlaku, sehingga tugas pokok dan fungsi birokrasi dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta harus memiliki tanggung jawab moral maupun konstitusional untuk bekerja jujur,  tanpa pamrih,  cerdas, tuntas,  dan  ikhlas dalam melayani masyarakat.
     Wali Kota menambahkan bahwa pada tanggal 30 November 2017, Pemerintah Kota Banjar telah melaksanakan Pelantikan & Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, termasuk didalamnya Pelantikan Sekretaris Daerah Kota Banjar, untuk itu beliau ucapkan selamat dan sukses bagi para pejabat yang telah dilantik, sebab jabatan adalah penghargaan sekaligus  amanah yang harus diemban dengan sebaik-baiknya, untuk itu kepada para kepala OPD yang telah dilantik agar segera menyelesaikan  pekerjaannya ditempat yang lama dan segera bekerja ditempat yang baru dan harus bisa meningkatkan koordinasi serta silaturahmi antar Organisasi Perangkat Daerah dan  selalu bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, niatkan untuk ibadah sehingga kinerja kita akan lebih baik dan mendapat pahala dari Allah SWT.
     Kemudian sehubungan dengan berakhirnya tahun anggaran 2017, kepada seluruh OPD harus lebih meningkatkan disiplin dalam pengelolaan keuangan, dan segera melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan agar anggarannya dapat terserap secara maksimal dan dapat berjalan dengan lancar serta manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat.
     Perlu diketahui bahwa 10 November 2017 yang lalu Kota Banjar telah meraih Penghargaan Satya Lencana Karya Bakti Praja Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia, Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Daerah dan Kepala Daerah berkinerja terbaik hasil evaluasi berdasarkan laporan EKPPD terhadap LPPD Pemerintah Kota Banjar tahun 2015, untuk memperoleh penghargaan ini terdapat kurang lebih 800 indikator yang menjadi kriteria penilaiannya dan dinilai oleh 20 Lembaga Negara. Selanjutnya pada tanggal 13 November 2017 Kota Banjar meraih Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, kategori sebagai kota yang berhasil mewujudkan Desa ‘open defecation free‘ (ODF) atau stop buang air besar sembarangan terbanyak di Jawa Barat. Tahun 2018 di Kota Banjar di targetkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) mencapai minimal 80 persen, atau naik dari PHBS tahun 2017 yang sekarang ini masih berjumlah 70 persen. Selanjutnya atas keberhasilan dalam pembangunan lalulintas dan angkutan jalan, Kota Banjar juga meraih Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2016, dari Kementerian Perhubungan RI. Sebagai wujud apresiasi terhadap kerja keras pemerintah kabupaten dan kota, Kamis, 23 november 2017 Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan hadiah berupa kendaraan operasional roda empat bagi penerima Penghargaan WTN di Jawa Barat tersebut, yang di serahkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar bertempat di Balai Kota Tasikmalaya.
     Kemudian pada 10 Desember nanti Kota Banjar juga akan menerima Penghargaan sebagai Kota Peduli Hukum dan HAM dari Kementerian Hukum dan Ham RI, di Solo – Jawa Tengah, menurutnya semua  penghargaan yang telah diraih harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kinerja kita, sebab tantangan ke-depan akan lebih komplek dan berat.
   Terakhir beliau menghimbau berdasarkan prediksi BMKG bahwa bulan Desember ini curah hujan masih sangat tinggi, sehingga di beberapa tempat di Kota Banjar yang rawan terhadap bencana hendaknya perlu diwaspadai, selain itu juga penyakit –penyakit yang bisa timbul akibat bencana juga harus diwaspadai. Kepada OPD terkait agar selalu siap siaga dan tanggap darurat terhadap kemungkinan terjadinya bencana di Kota Banjar agar nantinya jika terjadi bencana dapat tertangani dengan cepat. Semua Aparatur Sipil Negara harus menjadi panutan dimasyarakat dan harus bisa menjadi penggerak masyarakat untuk lebih bisa menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat sehingga bisa meminimalisir terjadinya bencana dan dampak bencana.
   Dalam apel ini juga di berikan Hadiah Umroh Pegawai dari Bank Bjb untuk Pegawai Lingkup Pemerintah Kota Banjar yaitu kepada H. Oman Rokhman dari Dinkes Banjar dan Jojoh Khodijah dari BLUD Banjar serta Penyerahan mobil pemberian dari Pemprov Jabar atas atas keberhasilan Kota Banjar meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2016 karena berhasil dalam pembangunan lalulintas dan angkutan jalan dengan baik, dari Wali Kota kepada Kadishub Kota Banjar Ide Suhendar.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Wakil Wali Kota Resmikan Kantin SMP 5 Banjar

    Wakil Wali Kota Banjar resmikan kantin SMP 5 Banjar, kantin ini didirikan berkat …

Kunjungan Kerja Presiden Jokowi ke Kota Banjar

   Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Banjar, Selasa (16/1) pagi. Kedatangannya tersebut untuk membagikan paket sembako …