Home / Berita Banjar / Apel Gabungan Lingkup Pemerintah Kota Banjar

Apel Gabungan Lingkup Pemerintah Kota Banjar

Senin, 08 Januari 2018, bertempat dihalaman Setda Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, memimpin langsung Apel Gabungan Lingkup Pemerintah Kota Banjar-Bulan Januari Tahun  2018. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar dan para Asisten serta Stap Ahli, juga para Kepala OPD serta peserta apel dari semua OPD lingkup Pemerintah Kota Banjar.
    Wali Kota menyampaikan Selamat Tahun Baru 2018, semoga semangat dan kinerja kita akan lebih baik dan meningkat lagi dari pada tahun sebelumnya, terima kasih kepada semua OPD yang sudah bekerja dengan baik dan maksimal sehingga program kegiatan di tahun 2017 dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat secara langsung.
   Beliau menambahkan bahwa seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Banjar harus lebih meningkatkan inovasi, budaya kerja yang disiplin, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tata kelola pemerintahan yang baik agar tercipta budaya kerja yang efektif, efesien, dan profesional dalam melayani masyarakat. ASN harus menjadi panutan bagi masyarakat dan mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat serta harus mematuhi serta memahami disiplin sebagai ASN sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Beliau berharap tidak ada lagi ASN yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, sehingga akan menimbulkan tanggapan-tanggapan negatif dan memperburuk citra ASN dimata masyarakat.
   Kemudian beliau juga mengatakan bahwa Tahun Anggaran 2017 sudah selesai, seluruh OPD segera menyiapkan dan menyusun Laporan Keuangan Daerah tahun Anggaran 2017, sehingga dapat selesai tepat pada waktunya. Pemeritah Kota selalu berupaya untuk lebih meningkatkan kualitas Laporan Keuangan dari tahun ke tahun agar lebih baik lagi. Beliau menghimbau agar semua OPD bersama Badan Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar harus  melakukan rekonsiliasi data pendukung laporan keuangan, sehingga data yang dituangkan dalam laporan keuangan dapat disajikan dengan benar dan akuntabel.
   Wali Kota juga mengingatkan bahwa ASN juga wajib membuat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), Sasaran Kinerja Pegawai merupakan kontrak tertulis antara seorang pegawai dengan atasannya terkait pekerjaan yang akan dilaksanakan selama satu tahun, ditandatangani pada awal tahun berjalan, dan akan menjadi bahan evaluasi penilaian di akhir tahun, setiap ASN wajib menyusun sasaran kerja pegawai (SKP) sebagai rancangan pelaksanaan kegiatan tugas jabatan, sesuai dengan rincian tugas, tanggungjawab dan wewenangnya, dan telah ditetapkan dalam struktur dan tata kerja organisasi. SKP disusun dan ditetapkan sebagai rencana operasional pelaksanaan kegiatan tugas jabatan, dengan mengacu pada rencana strategis (renstra) dan rencana kerja (renja) tahunan organisasi.
   Terakhir beliau mengatakan bahwa 2018 merupakan tahun politik yaitu Pilgub dan Pilwalkot, untuk itu ASN harus bersikap netral, tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon, sesuai dengan aturan yang berlaku, jika ada yang tidak netral akan dijatuhi sangsi mulai dari administrasi hingga diberhentikan sesuai tingkat pelangarannya.
   Beliau mengajak seluruh ASN agar ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut, jangan saling bermusuhan harus saling menjaga kebersamaan meski berbeda pilihan, setelah pencoblosan, harus kembali bersatu karena Pilwalkot adalah ajang mencari pemimpin, bukan musuh, kita juga jangan terpancing dengan ajakan atau hasutan untuk tidak memilih atau golput, kalau ada yang ajak golput segera laporkan, karena itu telah menghalangi seseorang memberikan hak suaranya. mudah-mudahan nantinya pemimpin yang terpilih bisa amanah untuk membangun Kota Banjar ke depan yang lebih baik lagi.
    Sebelum Apel Gabungan seluruh peserta membacakan Asmaul Husna bersama-sama, kemudian ada acara pemberian Penghargaan Ketahanan Pangan Tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu Juara 1 Lumbung Pangan Masyarakat Kelompok Girimulya Sinartanjung Pataruman, Juara 1 Pengolahan Pangan tingkat Jabar KWT Kahuripan Jajawar Banjar, Juara 2 Pemberdayaan Masyarakat Pengembangan Alat Tanam Jajar Legowo  Kelompok Tani Irmas Jaya Karyamukti Pataruman, serta Kelompok Penerima Bantuan LPM  masing-masing senilai 50 Juta Rupiah masing-masing kepada Kelompok Tani Sukamukti Balokang Banjar, Poktan Pintusinga 2 Kel. Banjar dan Poktan Marga Saluyu Mulyasari Pataruman dan juga untuk LDPM  mendapat bantuan 50 Juta Rupiah yaitu untuk Poktan Sri Rahayu Rejasari Langensari.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About kominfo banjar

Check Also

Syukuran Hari Bhayangkara Ke – 72

   Polres Banjar menggelar acara syukuran Hari Bhayangkara Ke-72, Rabu, 11 Juli 2018, mengusung tema …

Wali Kota Banjar raih Satya Lencana Pembangunan

   Melalui berbagai inovasi dan pengembangan Program KB di Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. …