Home / Berita Banjar / ANGGOTA PPS DI AMBIL SUMPAHNYA

ANGGOTA PPS DI AMBIL SUMPAHNYA

     Sebanyak 75 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Banjar dilantik di Aula Setda, Sabtu, 11 November 2017. Pelantikan dihadiri Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukasesih, Kapolres Banjar AKBP Twedi AB, perwakilan TNI, para Kepala Dinas, Camat, Lurah dan Tokoh Masyarakat.
      “Tugas mereka membantu PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dalam tahapan pilkada serentak. Salah satunya pemuktahiran data pemilih,” ujar Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis S.Pdi usai pelantikan.
     Dia meminta PPS bekerja profesional sesuai aturan KPU, mereka juga harus terampil dan mengedepankan kepentingan bersama dalam menjalankan tugas. “PPS harus netral dan berintegritas. Karena mereka suatu lembaga di bawah KPU sehingga harus menjaga netralitas,” katanya.
Anggota PPS yang kedapatan melanggar salah satu azas KPU –mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib penyelenggaraan Pemilu, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas; profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi dan efektivitas– maka akan langsung dilakukan penggantian antar waktu (PAW). Itu pun sepanjang yang bersangkutan memenuhi bukti-bukti melakukan pelanggaran. “Tidak ada sanksi hukum. Tapi dipecat langsung,” tegasnya.
     Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengatakan pelantikan anggota PPS merupakan bentuk keikutsertaan dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan. “Masyarakat juga harus ikut dilibatkan dalam pilkada. Tidak hanya jadi pemilih, tapi panitia, demi mensukseskan pilkada serentak,” katanya.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …