Home / Berita Banjar / Pawai Alegoris Sarana Hiburan bagi Mayarakat

Pawai Alegoris Sarana Hiburan bagi Mayarakat

216-alegoris  Ribuan orang peserta memeriahkan Gebyar Seni Pesta Rakyat/ Pawai Alegoris 2017 yang digelar oleh Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kota Banjar, disepanjang Jalan Letjen Suwarto Kota Banjar, abtu, 19 Agustus 2017. Ribuan warga memadati kawasan Letjen Suwarto sangat merasa terhibur dan sangat antusias menyaksikan berbagai kamonesan hasil karya urang Banjar pada Acara Pawai Alegoris dalam rangka memeriahkan Hut RI Ke-72 Tahun 2017. Walaupun sempat diguyur hujan tak mengurangi antusias masyarakat yang sejak pagi sudah berderet di sepanjang jalan yang akan dilalui rombongan peserta pawai, dari sepanjang jalan Letjen Suwarto dan berakhir di panggung kehormatan di alun-alun Kota Banjar.

        Acara ini dibuka langsung oleh Wali Kota Banjar, Hj Ade Uu Sukesih, dan dihadiri pula oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Darmadji Prawirasetia, Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang Kalyubi,  Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjar, H. Yuyung Mulyasungkawa, Forum Konsultasi Pimpinan Daerah Kota Banjar dan para Kepala OPD, pada kesempatan ini  juga hadir Wali Kota Banjar periode 2003-2013, H. Herman Sutrisno dan para sesepuh Kota Banjar serta tamu undangan lainnya.

         Peserta Pawai Alegoris ini berasal dari oleh Organisasi Perangkat Daerah, Kelurahan dan Desa, BUMN/BUMD serta sekolah di Kota Banjar, para peserta pawai alegoris menyampaikan berbagai  pesan baik berbentuk kebanggaan atas prestasi yang sudah diraihnya, menunjukan produk unggulan dan kesenian tradisional, termasuk penyampaian aneka program yang sedang dijalani. Pesan yang sudah dikemas dengan bentuk aneka kreativitas tersebut bukan hanya ditujukan pada pihak legislatif maupun yudikatif tetapi juga disampaikan langsung kepada masyarakat.

     Peserta pawai sangat bersemangat menunjukkan seni budaya serta berbagai produk maupun komoditas unggulan dari daerahnya. Pawai alegoris dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang biasa digelar setiap tahun, memang menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Banjar. Dengan ditampilkannya peserta berkostum unik ala pejuang ‘45 dan juga berbagai macam kendaraan hias, serta beragam produk unggulan, seni budaya dari setiap desa/kelurahan, sehingga warga menjadi mengetahui setiap produk unggulan dari masing-masing daerahnya.

       Berbagai macam kendaraan hias dengan berbagai bentuk serta warga yang menggunakan berbagai busana daerah tampak ceria meskipun kondisi cuaca kurang bersahabat. Dari berbagai penjuru, berbagai rombongan mulai memusatkan perhatiannya menuju pusat kota, Alun-alun Banjar. Tidak sedikit dari peserta pawai alegoris juga menggunakan payung serta jas hujan agar tetap bisa ikut acara tahunan ini.

       Di tengah-tengah beragamnya kreativitas yang ditampilkan berbagai OPD, kecamatan, desa atau kelurahan serta elemen lain dalam pawai alegoris HUT RI ke-72 di Kota Banjar, ada salah satu penampilan yang cukup menarik dari Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK), yakni sepanjang jalan meneriakan yel-yel literasi bersama mahasiswa UIN Bandung.

        Mengusung tema “Literasi Merdeka”, sepanjang jalan hingga tiba di panggung kehormatan di tribun yang di mana Wali Kota serta pejabat lainnya secara langsung menyaksikan berbagai kreatifitas YRBK terus menyuarakan semangat literasi. Bahkan, di sela-sela penampilan dihadapan para pejabat, Ketua YRBK, Siti Maro’ah, langsung memberikan sebuah figura berukuran besar kepada Wali Kota yang berisi foto berbagai kegiatan literasi YRBK selama ini.

     Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, dalam sambutannya menyampaikan, momentum Pawai Alegoris ini diharapkan dapat menambah semangat perjuangan dan rela berkorban setiap warga kota untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan pembangunan. Bahwa seni, budaya dan pariwisata merupakan bagian penting dari kehidupan manusia, baik dalam kehidupan perorangan maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Karena dengan adanya karya seni di Kota Banjar, dapat menjadikan sarana promosi kepariwisataan serta dapat mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di Kota Banjar. Selain itu, beliau juga menilai bahwa Pawai Alegoris ini merupakana suatu energi positif yang besar, yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain.

     Beliau juga menambahkan bahwa pawai alegoris dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI, diharapkan dapat meningkatkan persatuan bangsa, serta membentuk pribadi bangsa Indonesia yang berkarakter dan memiliki identitas di mata negara lain dan kedepannya. Kegiatan ini harus mempunyai tema, seperti tema pembangunan, kesenian, dan lain-lain, sehingga, dalam setiap tahunnya tidak monoton. Diadakannya kegiatan pawai alegoris/pesta rakyat itu adalah sebagai sarana promosi kepariwisataan serta mendorong berkembangnya sektor pariwisata di Kota Banjar melalui kreasi hasil pembangunan dari instansi, masyarakat, organisasi dan lembaga lainnya. pariwisata adalah bagian penting dari kehidupan manusia, baik dalam kehidupan perorangan maupun dalam kehidupan bermasyarakat, maka atas dasar hal tersebut dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 dilaksanakanlah kegiatan pawai alegoris/pesta rakyat.

       Kabid Pemuda Dispora Banjar, Arif Budiman sebagai leading sektor Pawai Alegoris merasa puas karena antusias peserta sangat bagus dengan menampilkan potensi daerah dan OPD-nya masing-masing, melalui kegiatan ini masyarakat dapat lebih menggali kreatifitasnya dalam menciptakan produk unggulan dari masing-masing desa maupun kelurahan. Karena “Kesuksesan pembangunan berawal dari peran aktif masyarakat yang berkontribusi bagi kemajuan pemerintah daerah”.

Untuk memotivasi peserta pawai, Panitia memberikan piala dan penghargaan serta uang pembinaan  bagi juara sesuai dengan kategorinya. Rencananya penyerahan piala dan uang pembinaan dilaksanakan pada Upacara Hari Kesadaran Nasional pada bulan September, bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …