Home / PRESS RELEASE / TELEPON SAHABAT ANAK (TESA) KOTA BANJAR

TELEPON SAHABAT ANAK (TESA) KOTA BANJAR

   Kota Banjar memberikan layanan Telepon Sahabat Anak (TeSA). TeSA adalah salah satu layanan masyarakat yang memberikan perlindungan pada anak dari tindakan kekerasan baik fisik, psikis maupun seksual ataupun untuk anak yang membutuhkan perlindungan dan berada dalam situasi darurat maupun anak yang membutuhkan layanan konseling.  TeSA dapat diakses melalui telepon ke nomor 0853-1553-1222.
    Layanan tersebut sudah semestinya dapat dimanfaatkan oleh seluruh anak, tanpa diskriminatif. Artinya layanan tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi setiap anak, demikian pula bagi anak difabel. “TeSA sangat penting untuk diinformasikan bagi seluruh Kota Banjar. Sebab setiap anak, tanpa diskriminatif perlu mendapat perlindungan dari dampak negatif perkembangan pembangunan yang cepat, arus globalisasi dalam bidang komunikasi dan informasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta perubahan gaya dan cara hidup sebagian orang tua.”
    Layanan TeSA tidak terbatas pada pengaduan dan konseling saja, namun juga memberikan informasi kepada masyarakat sebagai upaya preventif dalam pencegahan terjadinya kasus-kasus tindak kekerasan dan hak anak lainnya, serta serta layanan pengaduan dan rujukan.
   Perlu Gerakan Sosialisasi Layanan TeSA, karena belum banyak masyarakat yang mengakses TeSA, barangkali mereka belum banyak yang tahu. Artinya pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Komunikasi dan Informatika dengan P2TP2A harus melakukan sosialisasi terhadap adanya layanan tersebut
   “Program TeSA bertujuan untuk menjawab permasalahan dan kebutuhan anak, penekanan pada partisipasi anak, memampukan anak menemukan masalah dan solusi (konsultasi dan konseling), merujuk anak yang memerlukan intervensi langsung ke lembaga yang kompeten (sistem rujukan) dan pencegahan pelanggaran hak anak melalui pemberian informasi.
   Pelayanan publik ini diselenggarakan Kota Banjar sebagai bentuk perlindungan dan pembinaan kepada anak dengan tujuan :
(a)  Melindungi anak agar dapat melaksanakan aktivitasnya sebagai anak, baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan sosial lainnya;
(b)  Membantu pengembangan kerjasama antar pihak – pihak terkait dalam rangka menciptakan jejaring pelayanan yang mendukung dan memfasilitasi perawatan dan perlindungan anak;
(c)  Mengadvokasi pelayanan bagi anak yang sebelumnya tidak terjangkau pelayanan, tidak  memiliki akses atau tidak memadai akses pelayananny, dan
(d) Mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus dan memastikan terjaminnya pemenuhan hak anak.
    TESA telah menjadi salah satu referensi penentuan kategori sebuah kota atau kabupaten layak anak. Di Kota Banjar saat ini sedang mengembangkan inisiatif menuju kabupaten/kota yang layak bagi anak, dengan berbagai permasalahannya masing – masing, antara lain keterbatasan sumber daya, dan belum dianggapnya isu – isu anak sebagai prioritas.
PENGGUNA LAYANAN TESA
Pengguna layanan TESA adalah siapapun yang menghubungi TESA berkaitan dengan masalah anak sampai usia 18 tahun. Masalah anak yang tercakup dalam TESA adalah :
  • Anak – anak dalam situasi darurat
  • Anak – anak yang berhadapan dengan masalah hukum
  • Anak dari kelompok minoritas
  • Anak tereksploitasi secara ekonomi dan/atau seksual
  • Anak yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA)
  • Anak korban penculikan, penjualan dan perdagangan
  • Anak korban kekerasan baik fisik dan/atau mental
  • Anak yang menyandang cacat
  • Anak korban perlakuan salah dan penelantaran
FUNGSI DAN TUJUAN PELAYANAN TESA
A. Fungsi Pelayanan TESA
  1. Memberikan layanan telekonseling gratis bagi semua anak.
  2. Memberikan layanan penjangkauan/outreach.
  3. Memberikan layanan darurat/emergency.
  4. Memberikan layanan rujukan bagi anak-anak yang membutuhkan perawatan dan perlindungan khusus.
  5. Menyediakan akses layanan lembaga rujukan yang dibutuhkan anak.
  6. Mengembalikan keberfungsian sosial anak agar dapat melaksankan kembali perannya secara wajar.
  7. Melakukan sosialiasasi layanan TESA.

B. Tujuan Pelayanan Tesa

  1. Tujuan Umum
   Melindungi dan membantu anak yang membutuhkan perlindungan dan anak yang mengalami masalah darurat (emergency) serta memastikan adanya akses untuk mendapatkan pelayanan berkualitas yang dapat mendukung tumbuh kembang anak.
  1. Tujuan Khusus
  • Melindungi anak agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai anak, baik di rumah, sekolah, maupun situasi sosial lainnya.
  • Bekerjasama dengan sistem-sistem terkait untuk menciptakan jejaring pelayanan yang mendukung dan memfasilitasi perawatan dan perlindungan bagi anak.
  • Mengadvokasi pelayanan bagi anak-anak yang sebelumnya tidak terjangkau, tidak ada atau tidak memadai.
  • Mengupayakan kualitas pelayanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus dan juga memastikan terjaminnya kepentingan terbaik bagi anak.

3. Jenis Kasus Masuk :

  1. KDRT
  2. Perkosaan
  3. Pelecehan Seksual
  4. Pencabulan (kekerasan seksual pada usia anak)
  5. Trafficking
  6. KDP
  7. Keadaan darurat/keadaan yang membahayakan (pengungsian, konflik, bersenjata)
  8. Kesewenang-wenangan hukum (anak sedang berhadapan/ berkonflik degan hukum)
  9. Eksploitasi (eksploitasi ekonomi, seksual, penyalahgunaan obat, tindak kekerasan dan penelantaran)
  10. Diskriminasi (kelompok minoritas dan masyarakat adat)
 
Sumber        : DINSOSPPPA Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

PENGUMUMAN HASIL AKHIR SELEKSI TERBUKA JABATAN TINGGI PRATAMA

PDF. PENGUMUMAN AKHIR SELEKSI TERBUKA JABATAN TINGGAI PRATAMA KOTA BANJAR TAHUN 2018       …

Logo Kota Banjar

PENGUMUMAN HASIL TEST KOMPETENSI SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA KOTA BANJAR

Pengumuman Hasil Test Kompetensi Seleksi Terbuka jabatan Tinggi Pratama Kota Banjar PANITIA SELEKSI TERBUKA JABATAN …