Home / PRESS RELEASE / Festival Literasi Digital (FIRAL) Ajak Generasi Muda Semakin Bijak dan Produktif di Era Digital

Festival Literasi Digital (FIRAL) Ajak Generasi Muda Semakin Bijak dan Produktif di Era Digital

Siaran Pers No. 191/HM/KOMINFO/10/2017
Tanggal 15 Oktober 2017
tentang
Festival Literasi Digital (FIRAL) Ajak Generasi Muda Semakin Bijak dan Produktif di Era Digital
         Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan SiberKreasi dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta menggagas Festival Literasi Digital (FIRAL), yaitu wadah bagi para kreator muda, akademisi, serta pengguna sosial media untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran pengguna internet terhadap pentingnya literasi digital.
    FIRAL 2017 dijelaskan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjadi kerja bersama pemerintah dengan komunitas. “Ini merupakan kerja bersama pemerintah dengan komunitas, masyarakat dan kelompok sosial dalam menangkal konten negatif. Tidak harus pemerintah yang selalu di depan, tapi pemerintah pasti akan menyediakan fasilitas. Ini tugasnya pemerintah.” jelas Rudiantara pada Festival Literasi Digital (FIRAL), Minggu (15/10/2017) di Convention Hall FISIPOL Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
    Peningkatan intensitas penggunaan internet diungkapkan Rektor Universitas Gajah Mada Panut Mulyono menumbuhkan urgensi untuk meningkatkan pengetahuan terhadap literasi digital, sehingga kolaborasi berbagai pihak diharapkan bisa mewujudkan literasi digital dalam menghadapi dampak negatif dari internet serta pemanfaatan internet ke arah yang lebih positif. ”Dengan semangat yang sama, literasi digital di Indonesia diharapkan bisa lebih berkembang dan ke depannya dapat menangkal pengaruh negatif penggunaan internet di Indonesia,”ungkap Panut.
      Festival Literasi Digital (FIRAL) ini diikuti oleh 580 peserta yang sudah mendaftar melalui situs literasidigital.id. FIRAL diharapkan memberi kesempatan bagi generasi muda dan masyarakat untuk mengenal lebih jauh mengenai isu-isu literasi digital di lintas platform di Indonesia. Selain itu, FIRAL tidak hanya mengajak kreator muda Indonesia untuk mewujudkan ide mereka tentang digital namun juga menjadi bagian dari program untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik dan juga mendorong mereka untuk siap berkompetisi di era digital. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat yaitu “Wise Knowledge, Make Positive Content” sebagai perwujudan gerakan literasi digital di Indonesia.
Rangkaian Kegiatan Festival Literasi Digital (FIRAL)
      Rangkaian Festival Literasi Digital menyediakan beragam acara menarik mulai dari Workshop, Community Meet and Greet, serta sesi Mentorship yang menghadirkan   Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Staf Ahli Menteri Kominfo Henri Subiakto, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan, Rektor Universitas Gajah Mada Panut Mulyono, Akademisi UIN Nasaruddin Umar, serta narasumber profesional lainnya.
Kegiatan utama FIRAL berupa workshop yang dibagi ke dalam beberapa kelas seminar (Masterclass) yang dilanjutkan dengan seminar besar (Creatalks). Berikut ini rangkaian Festival Literasi Digital (FIRAL):
  1. MASTERCLASS

Masterclass dibagi ke dalam 4 kelas dengan tema berbeda-beda, yang disii oleh para mentor profesional di bidangnya:

  • Kelas 1 – Soft Skill Class“Be Amazing with Infographic” oleh KIDi (Konten Informasi Digital)

Pengajar : Dhonny Firmansyah – pakar slide presentasi dan infografis dari kreasipresentasi.com

  • Kelas 2 – Creator Class“Make a Positive Content in 60 Seconds” oleh IndonesiaBaik.id

Pengajar : Iqbal Rezeki Awal – Cyber Creator dari Siber Pramuka

  • Kelas 3 – Family Class“Wise Parenting in Digital Age” oleh INCAKAP (Internet Cakap)

Pengajar : Hilman Al Madani – Psikolog dan Trainer dari Yayasan Kita & Buah Hati

  • Kelas 4 – Future Class“Young, Famous, and Grow Creative Online oleh Tata Kelola Internet
Pengajar : Gerald Sebastian – Co-Founder kokbisa.co.id
  1. CREATALKS
       Seminar dan talkshow tentang bagaimana menjadi produktif dengan konten yang positif dan kreatif. Creatalks ini menghadirkan pembicara:
  • Menteri Komunikasi Dan Informatika – Rudiantara
  • Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) – Panut Mulyono
  • Dirjen Aplikasi Informatika – Samuel Pangerapan
  • Staf Ahli Menteri Kominfo Henri Subiakto
  • Akademisi UIN – Nasaruddin Umar
  • Koordinator Riset JAPELIDI – Novi Kurnia
  • Youtube Konten KrEATOR – @tretanmuslim
  • SiberKreasi – Samuel Rizal
    Festival Literasi Digital (FIRAL) ini turut didukung oleh IndonesiaBaikId, Center for Digital Society (CFDS), 1JutaDomain, INCAKAP, (Internet Government Forum (IGF) Indonesia, ICT Watch, 1000 Start-up, Indonesia Game Rating System (IGRS), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Yogya, Persatuan Artis Perfilman Indonesia (Parfi), serta Relawan TIK.
 
Sumber        : kominfo.go.id
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

SIARAN PERS NO. 330/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 20 November 2017 Tentang FESTIVAL DESA TIK (DESTIKA) 2017

SIARAN PERS NO. 330/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 20 November 2017 Tentang FESTIVAL DESA TIK (DESTIKA) 2017 Jakarta, …

Siaran Pers No. 213/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 6 November 2017 Tentang Penanganan Konten Asusila Berformat GIF Pada Aplikasi Pesan dan Media Sosial

Siaran Pers No. 213/HM/KOMINFO/11/2017 Tanggal 6 November 2017 Tentang Penanganan Konten Asusila Berformat GIF Pada …