Home / PRESS RELEASE / Desa Broadband Terpadu, Penuhi Hak Akses Atas Internet

Desa Broadband Terpadu, Penuhi Hak Akses Atas Internet

   Tasikmalaya, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan semua masyarakat memiliki hak yang sama untuk akses internet. Salah satu contoh nyata di kawasan Panca Mandala Kabupaten Tasikmalaya yang baru saja diresmikan sebagai Desa Broadband Terpadu (DBT) oleh Menteri Kominfo bersama Menteri Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo di halaman Kantor Desa Mandalamekar, Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (10/12/2017).
     “Semua masyarakat punya hak yang sama untuk akses internet. Untuk itu, mari kita jadikan desa-desa lainnya seperti Desa Mandalamekar ini,” ungkap Menteri Kominfo Rudiantara dalam sambutannya.
    Program yang diusung Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bersama lembaga swadaya masyarakat BP2DK (Badan Prakarsa Pembangunan Desa dan Kawasan) pada Kawasan Panca Mandala rencananya akan dijadikan desa percontohan. Menteri Rudiantara menambahkan bahwa desa lainnya di Indonesia akan dibina seperti kawasan Panca Mandala ini sehingga masyarakat akan melek terhadap internet.
     “Tidak hanya di kota besar, desa pun bukan hanya sekedar desa. Kurang lebih ada 25 ribu desa yang belum kenal internet sama sekali. Tapi, di sini sudah. Kalau orang tanya, desa mana yang TIK nya bagus? Ya, Desa Mandalamekar,” kata Rudiantara.
    Menurut Menteri Kominfo, semua desa nantinya bisa dikatakan sebagai Desa Mandalamekar setelah program percontohan ini diterapkan oleh Kementerian Kominfo. Menteri Rudiantara juga mengajak seluruh elemen yang membantu untuk pengembangan DBT di kawasan Panca Mandala bersama dengan Kementerian Kominfo untuk membangun desa broadband lainnya.
     “Pak Kades, saya titip jaga teman-teman semua. Selain itu, akses internet perlu juga dijaga. Nantinya mereka akan bantu kami di kementerian untuk pergi ke desa-desa untuk mengajarkan mereka seperti di sini,” tutupnya.
     Kawasan Panca Mandala yang merupakan Desa Broadband Terpadu ini mencakup enam desa yaitu desa Papayan ( papayan.desa.id ), Mandalamekar ( mandalamekar.desa.id ), Mandalahurip ( mandalahurip.desa.id ), Ciwarak ( ciwarak.desa.id ), Kertarahayu ( kertarahayu.desa.id ), dan Sindangasih ( sindangasih.desa.id ) di Kecamatan Jatiwaras, yang tergabung dalam kawasan Panca Mandala. Peresmian DBT ini ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan video conference dengan beberapa Desa Broadband Terpadu lainnya di penjuru Indonesia seperti Raja Ampat, Kab. Nunukan Kalimantan Utara, Sulawasi Selatan dan Aceh.
Sumber        : kominfo.go.id
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

Logo Kota Banjar

PENGUMUMAN SELEKSI PENGISIAN JABATAN TINGGI PRATAMA SECARA TERBUKA DILINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANJAR

PANITIA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA KOTA BANJAR Jln. Gerilya No.194 Komplek Perkantoran Pamongkoran …

TELEPON SAHABAT ANAK (TESA) KOTA BANJAR

   Kota Banjar memberikan layanan Telepon Sahabat Anak (TeSA). TeSA adalah salah satu layanan masyarakat …