Home / Berita Banjar / Kegiatan Cara Tanam Padi Jajar legowo 2016

Kegiatan Cara Tanam Padi Jajar legowo 2016

152-info-keg-pertanian-a152-info-keg-unggln-pertanian-b152-info-keg-unggln-pertanian-c

152-info-keg-unggln-pertanian-d152-info-keg-unggln-pertanian-e152-info-keg-unggln-pertanian-f

                                                                           

                 

       

       Beberapa Pendapat menyatakan bahwa istilah Legowo berasal dari bahasa “Lego” berarti luas dan “Dowo” berarti panjang. Istilah tersebut kemudian diadopsi dan diterapkan pada cara tanam padi sawah sejak tahun 1996. Di antara barisan tanaman padi terdapat lorong yang luas dan memanjang sepanjang barisan tanaman. Dengan demikian, cara tanam padi jajar legowo adalah cara tanam padi dimana diantara barisan terdapat lorong yang luas ( dikosongkan ) dan memanjang secara berselang.

       Kelebihan dan syarat tanaman padi jajar legowo : Terdapat beberapa keuntungan tanaman padi jajar legowo 2:1 atau 4:1, yaitu : (1) terdapat ruang terbuka yang lebih lebar diantara dua kelompok barisan tanaman yang akan memperbanyak cahaya matahari masuk ke setiap rumpun tanaman padi, sehingga meningkatkan aktivitas fotosintesis yang berdampak pada peningkatan produktivitas tanaman, (2) populasi tanaman bertambah hingga 25%, (3) seluruh barisan padi berada di pinggir, sehingga penyinaran optimal, (4) mudah dalam pemeliharaan  terutama pemupukan dan penyiangan, dan (5) dapat mengendalikan hama tikus serta meningkatkan produktivitas 10-15 %

      Untuk dapat memperoleh kelebihan tanam padi jajar legowo 2:1, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain: (1) lahan tidak berteras, walaupun berteras kemiringan lahannya< 25% (lebar petakan > 3 m), (2) takaran pemberian pupuk di tambah 10-20% dari takaran pada cara tanam padi tegel, (3) lahan di genang pada umur 7 hari setelah tanam (hst) untuk menekan pertumbuhan gulma jika tidak disemprot herbisida, (4) barisan tanaman searah matahari, dan (5) gunakan bibit muda agar pertumbuhan anakan cepat, sehingga cepat menutup permukaan tanah dan dapat menekan pertumbuhan gulma.

     Cara tanam padi jajar legowo 2:1 adalah cara tanam berselang-seling dua baris dan satu baris dikosongkan sedangkan legowo 4:1 cara tanam berselang-seling empat baris dan satu baris dikosongkan. Untuk memudahkan petani pada saat tanam padi jajar legowo, dapat menggunakan alat yang disebut caplak. Jenis caplak yang digunakan berbeda dengan cara tanam padi sistem Tegel.  Caplak untuk tanam padi jajar legowo telah dirancang sedemikian rupa sehingga hasil caplakan telah memberikan ciri/tanda dimana posisi bibit padi ditanam, sehingga yang tanam tidak akan mengalami kesulitan. Jenis caplak khusus untuk tanaman padi jajar legowo dikenal dengan nama “Caplak Enjang“, karena yang pertama merancang adalah Bapak Enjang dari Kabupaten Purwakarta.

Sumber     : Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar

Diunggah : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …