Home / Berita Banjar / Informasi Kegiatan Pengembangan Pembibitan dan Perawatan Ternak

Informasi Kegiatan Pengembangan Pembibitan dan Perawatan Ternak

155-info-keg-peternakan-c-3155-info-keg-peternakan-c-1155-info-keg-peternakan-c-2

 

 

 

 

 

 

              Keberhasilan program swasembada daging sapi nasional dan UPSUS SIWAB ( Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting ) sangat diperlukan dukungan berbagai pihak baik dari tingkat pemerintah pusat sampai tingkat peternak. Pembibitan dan perawatan ternak menjadi salah satu strategi dalam peningkatan populasi sapi potong untuk ketersediaan produk asal hewan terutama daging sapi di Jawa Barat.

      Salah satu upaya yang di lakukan adalah menggenjot produksi ternak sapi dengan sentuhan teknologi kawin suntik. Di Kota Banjar sistem kawin suntik atau lebih di kenal dengan IB ( Inseminasi Buatan ) sudah berjalan sejak awal pembentukan pemerintahan Kota Banjar. Di mana di dukung dengan SDM diantaranya Petugas Teknis; Petugas Inseminator 3 orang, Petugas Pemeriksaan Kebuntingan 3 Orang, Petugas Medis/Dokter Hewan 3 orang.

    Kentungan kawin suntik adalah pedet (anak sapi) yang dilahirkan merupakan ternak unggulan, bibit jantan yang disuntikan bisa disesuaikan dengan kondisi induk dan keinginan peternak. Misalnya Limosin, Simental, Brahman, PO, dan Sapi Bali. Dimana ternak tersebut memiliki keungulan diantaranya pertumbuhan cepat, tahan terhadap penyakit, bobot badan besar, dan nilai ekonomis tinggi, jadi bila dikawinkan dengan cara alami anak yang di hasilkan biasanya relatip kecil dan kurang berkualitas. Populasi sapi potong di Kota Banjar 2016 adalah: 1.091ekor. Sedangkan aseptor tetap ada 210 ekor.

          Realisasi kegiatan Penambahan Populasi Sapi Potong hasil IB di Kota Banjar TA 2016:

  • IB               :  231 ekor
  • Bunting    :    80 ekor
  • Lahir         :    63 ekor

   Untuk kegiatan Penanggulangan Penyakit Hewan Menular  dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas aktif service pelayanan kepada peternak serta pelaku agribisnis sektor peternakan.

       Sasaran Kegiatan dititikberatkan pada pengadaan oba-obatan hewan, vaksin hewan, dan peralatan boisecurity  supaya penyakit hewan menular aman terkendali dan memperkecil peluang out break wabah penyakit menular ternak berbahaya.

 

Sumber     : Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

CSR BJB

        Bertempat di Madrasah Miftahul Fallah Rw 04 Dusun Priagung Desa Binagun …

Tinggalkan Balasan