Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022.

 

Pemerintah Daerah Kota Banjar Siap Mensukseskan Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022

1

Komisi Pemberantasan Korupsi pada tahun 2022 ini bekerja sama Kembali dengan frontier untuk menggelar Survei Penilaian Integritas (SPI). Survei yang diinisiasi sejak tahun 2016 dan dilakukan secara penuh dalam skala nasional pada tahun 2021 ini merupakan alat ukur yang dikembangkan oleh Direktorat Monitoring, Kedeputian Pencegahan dan Monitoring KPK.

SPI adalah survey untuk memetakan risiko korupsi dan upaya pencegahan korupsi yang telah dilakukan oleh Instansi Pemerintah.

Penilaian SPI mencakup tujuh elemen yang diukur, yaitu transparansi, pengelolaan SDM, pengelolaan anggaran, integritas dalam pelaksanaan tugas, perdagangan pengaruh, pengelolaan pengadaan barang dan jasa, dan sosialisasi antikorupsi.

SPI dilaksanakan oleh KPK kepada 3 Kelompok responden yaitu internal (Pegawai instansi), eksternal (masyarakat pengguna layanan) dan narasumber ahli (eksper).  Periode Survei ini dilaksanakan pada bulan Juli 2022 sampai dengan September 2022.

2

Untuk memastikan ketiga penilaian tersebut lebih objektif, SPI juga menerapkan factor koreksi berupa jumlah laporan pengaduan, data penanganan korupsi oleh Aparat Penegak Hukum (APH), dan ada atau tidaknya pengarahan pengisian Survei dilakukan secara berkala selama kurun waktu tersebut.

Selain itu, sejak tahun 2021 SPI juga telah menjadi salahsatu indicator Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan menjadi indicator dalam mengukur sasaran terciptanya birokrasi yang bersih dan bebas KKN.

Pelaksanaan SPI tahun 2022 sendiri tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Dimana Survei dilakukan secara self-administered dengan kombinasi antara survey  online  dan computer assisted personalinterview. Responden yang terpilih tahun ini akan menerima Whastapp  blasting dari akun dengan centang hijau dan email resmi. Kedua media ini akan mengarahkan responden ke laman pengisian survey di spi.kpk.go.id.

KPK Juga menjamin kerahasiaan data pribadi dan jawaban responden sebagaimana diatur didalam pasal 21 undang-undang  statistic nomor 16 tahun  1997 tentang statistic.

3

Tim SPI KPK 2022 juga menyediakan Whatsapp Bot  daftar pertanyaan dan jawaban yang akan menjawab setiap pertanyaan tentang SPI dan tata laksananya selain  Call Center 198. 

Hasil survei berbentuk angka, yang menunjukkan level integritas instansi, dengan skala 1 hingga 100; semakin tinggi angka integritas sebuah instansi, maka sistem yang berjalan untuk mendeteksi risiko korupsi dan menangani ketika terjadi tindak pidana korupsi di K/L/PD tersebut, juga semakin baik.
 

Sebagai Bagian dari bangsa dan warganegara ini bisa bebas dari korupsi menjadi keharusan bagi kita saat terpilih menjadi responden untuk terlibat aktif mengisi daftar pertanyaan dalam survey ini dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

Mari ISI dan Kirim Kembali Kuesioner yang dikirim Kepada RESPONDEN terpilih.

 

 

Sumber     : Inspektorat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Open Recruitment Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olahraga (SP3OR)

Sumber     : Dinas Pemuda Dan Olahraga  Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, …

Pengumuman Seleksi Administrasi Pasca Sanggah PPPK Tenaga Kesehatan Tahun 2022

PENGUMUMAN PASCA SANGGAH PPPK TENAGA KESEHATAN TAHUN 2022 Sumber     : Panitia Seleksi Daerah Kota …