Home / Berita Banjar / Sosialisasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK)

Sosialisasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK)

      Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Banjar, bekerjasama dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, kini tengah berupaya mensukseskan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang menjadi fokus pemerintah pusat, sekaligus jadi komitmen Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, menuju Banjar Kotaku.

     Hal itu terungkap dalam pidato Wali Kota Banjar, saat acara sosialisasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK), di Aula Kantor Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Selasa, 15 Agustus 2017. Komitmen Banjar Kotaku ini tentu harus dibarengi perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. Perilaku tersebut yang harus ditingkatkan bersama oleh semua elemen warga, bukan hanya pemerintah saja. Jadi diperlukan kolaborasi agar sasaran dimaksud dapat tercapai.

         Beliau menambahkan bahwa pihaknya menargetkan di tahun 2018 mendatang PHBS di Kota Banjar sebesar 80 persen. Sementara saat ini atau tahun 2017 sudah tercapai 70 persen. Untuk itu, kolaborasi merupakan bagian terpenting dalam percepatan penanganan kawasan kumuh. “Warga bersama pemerintah harus berkontribusi nyata dengan kerja keras dan cerdas demi kemajuan Kota Banjar. Karena  Kota Banjar ini satu-satunya kota yang masih ada desa. Keberhasilan pembangunan daerah kuncinya atau faktornya tiada lain semangat kebersamaan dan kegotong-royongan, juga kondusifitas,” tandasnya.

      Wali Kota juga meminta Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang terlibat dalam program Kotaku, menjadi pelopor semangat PHBS. Sehingga, di Kota Banjar ini tidak ada lagi kawasan permukiman kumuh dan berganti menjadi pemukiman yang produktif, layak huni serta berkelanjutan. Pada kesempatan itu, Wali Kota Banjar memberikan bantuan secara simbolis kepada 7 BKM, yakni berupa Bantuan Dana Investasi (BDI) masing-masing sebesar Rp.500 juta.

Sumber     : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

Peresmian Guest House Rumah Poppy Dharsono

   Kurangnya hotel dan penginapan di Kota Banjar, menginspirasi Poppy Dharsono untuk ‘menyulap’ rumah keluarga …

Kunjungan Kerja Wali Kota Banjar ke Kujangsari

   Selasa, 07 Agustus 2018, Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si melakukan …