Home / Berita Banjar / PRIMADONA

PRIMADONA

image002      PRIMADONA, atau PRIoritas MAsalah & Data Orang Tua dan ANAk, merupakan sebuah gagasan dari Camat Purwaharja, Nia Kania Permasih, S.STP., M.Si. dalam upaya menyajikan informasi tentang permasalahan dan data orang tua dan anak di wilayah Kecamatan Purwaharja Kota Banjar.

       Primadona berangkat dari kebutuhan terhadap tersedianya informasi tentang permasalahan dan data orang tua dan anak. Dan yang menjadi prioritas masalah adalah pada anak berkebutuhan khusus yang membutuhkan penanganan  khusus. Hal ini disebabkan karena keterbatasan pengetahuan orang tua akan tumbuh kembang anak dan kurang tersedianya layanan yang bergerak dibidang anak berkebutuhan khusus. Faktor ekonomi juga menjadi salah satu alasan mengapa anak tersebut tidak tertangani, bahkan orang tua cenderung membiarkan anak dan tidak melakukan usaha apapun untuk menangani kondisi tersebut.

image003    Dengan dilatarbelakangi kenyataan tersebut, kami dari aparatur pemerintah merasa terpanggil untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai keberadaan anak berkebutuhan khusus diwilayah Kecamatan Purwaharja, dengan harapan dapat memfasilitasi ke para stakeholder terkait baik itu OPD, Baznas, CSR dan lain lain, agar menjadikan data kami sebagai bahan penyusunan program kegiatan masing-masing. Selain itu kami juga berupaya untuk menjembatani masyarakat golongan ekonomi mapan (kaum aghnia) agar dapat memberikan kontribusinya dalam penanganan anak berkebutuhan khusus tersebut, sehingga apa yang menjadi hak-hak anak dapat terpenuhi, sesuai dengan UU No.  35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dimana banyak hak anak yang harus dipenuhi, diantaranya yaitu : Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakat, setiap anak berhak mendapatkan perlindungan disatuan pendidikan dari kejahatan seksual dan kekerasan yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik dan atau pihak lain, anak penyandang Disabilitas berhak memperoleh pendidikan luar biasa dan anak yang memiliki keunggulan berhak mendapatkan pendidikan khusus, setiap anak penyandang disabilitas berhak mendapatkan rehabilitasi, bantuan sosial dan pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial dan hak-hak lain yang perlu kita lindungi.

     Harapan kami, dengan adanya data yang teruji dalam Primadona ini, anak-anak yang tergolong dalam prima kesehatan, prima pendidikan, prima ekonomi dan prima perlindungan anak ini dapat terbantu oleh Pemerintah melalui stakeholder terkait serta mampu menumbuhkan jiwa sosial masyarakat mampu (para aghniya) untuk dapat membuka mata bahwa di sekitar kita masih ada anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus dan perhatian yang dibutuhkan bukan hanya urusan materi saja tetapi kasih sayang dan kepedulian.

      Primadona berlandaskan pada hubungan kekeluargaan sehingga kami mengupayakan agar hubungan antar aparatur pemerintah kecamatan, masyarakat mampu dengan anak berkebutuhan khusus memiliki hubungan erat sebagai sebuah keluarga.

 

Sumber     : Kecamatan Purwaharja

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Dukung Program Gemmar Mengaji; Wali Kota Banjar Resmikan Kampung Tadarus

          Dalam rangka mendukung program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (Gemmar Mengaji), …

HUT IBI KE-66 TINGKAT KOTA BANJAR

  Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengungkapkan, Peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) …