MUSRENBANGCAM SARANA UNTUK SERAP ASPIRASI MASYARAKAT

Musrenbangcam Sarana Untuk Serap Aspirasi Masyarakat

       Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, menghadiri dan membuka secara langsung acara Musrenbang Tingkat Kecamatan di Kecamatan Pataruman dan Kecamatan Langensari, Kamis 26 Januari 2017 yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pataruman dan Langensari.

   Musrenbang Tingkat Kecamatan Pataruman dan Langensari Tahun Anggaran 2017 mempunyai  Skala Prioritas di Bidang Eonomi, Bidang Sosbud, Bidang Fisik, dan Bidang Pemerintahan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Banjar, Kepala Bappeda, Anggota DPRD, para Stakeholder, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Wilayah Kecamatan Pataruman dan Langensari, para Camat, Lurah, dan Kades, Kepala OPD, serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda  se – Kecamatan Pataruman dan Langensari

  Ketua Penyelenggara Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (MUSRENBANGCAM) masing-masing Sekmat Pataruman, Dadang Heryanto, S.IP, M.Si dan Sekmat Langensari, Jajat Sudrajat, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa Musrenbang Tingkat Kecamatan Pataruman dan Langensari bertujuan untuk menyerap semua Aspirasi Warga Masyarakat Khususnya di Wilayah Kecamatan Pataruman dan Langensari. dengan mencakup beberapa prinsip perencanaan pembangunan daerah diantaranya :

  1. Merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional;
  2. Dilakukan Pemerintah Daerah bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing;
  3. Mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana Pembangunan Daerah; dan
  4. Dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki Daerah, sesuai dinamika perkembangan Daerah.

          Musrenbangcam juga merupakan  forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/ Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kota wilayah Kecamatan dan Desa/ Kelurahan. Untuk Kecamatan Pataruman membawahi beberapa Kelurahan dan Desa yang terdiri dari Kelurahan Pataruman, Kelurahan Hegarsari , Desa Karyamukti, Desa Batulawang, Desa Sukamukti , Desa Sinartanjung, Desa Mulyasari dan Desa Binangun.  dan Kecamatan Langensari terdiri dari Kelurahan Muktisari, Kelurahan Bojongkantong, Desa Waringinsari, Desa Langensari, Desa Rejasari, dan Desa Kujangsari.

         Sementara Walikota Banjar menjelaskan bahwa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Musrenbangcam adalah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kerja kegiatan pembangunan Desa/ Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan dan untuk membahas dan menyepakati kegiatan prioritas diwilayah Kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas pembangunan Desa/ Kelurahan.

musrencam-ptrumn2017

  Selain itu Musrenbangcam juga menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan diwilayah Kecamatan berdasarkan tugas, pokok dan fungsi OPD serta membahas dan menyepakati tim delegasi Kecamatan untuk mengikuti forum OPD/ gabungan OPD dan Musrenbang RKPD Tingkat Kota.

       Hasil yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Murenbangcam yakni tersusunnya rekapitulasi usulan kegiatan Desa/ Kelurahan berdasarkan bidang dan kegiatan, serta ditetapkannya usulan prioritas hasil Musrenbangdes berdasarkan kriteria layak dan rencana pembiayaan serta dibahas dan disepakatinya daftar peringkat usulan prioritas berdasarkan bidang dan kegiatan untuk Perencanaan Pembangunan Tahun Anggaran 2018.

     Diakhir Sambutannya Beliau berpesan agar jangan sampai ada tumpang tindih pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan di Desa/ Kelurahan, Kecamatan, serta OPD, untuk itu perlu di musyawarahkan dalam Musrenbangcam ini, Kita juga harus berperan sesuai Tugas Pokoknya masing- masing jangan sampai ada yang berperan ganda, jalani aja sesuai profesinya masing-masing agar nantinya hasil Pembangunan bisa lebih maksimal, sebab keberhasilan pembangunan perlu dukungan dari semua pihak.

(Sumber : Humas Setda Kota Banjar)

diunggah : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

 

About kominfo banjar

Check Also

Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusahan Berbasis Resiko Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach

Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Wali …

Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusahan Berbasis Resiko Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach

Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Wali …