Home / Berita Banjar / BANJAR KEMBALI RAIH PENGHARGAAN DARI KEMENTERIAN KEUANGAN RI

BANJAR KEMBALI RAIH PENGHARGAAN DARI KEMENTERIAN KEUANGAN RI

237-wtp-jkt1       Pemerintah telah mengimplementasikan Sistem Akuntansi Keuangan Berbasis Akrual, tentunya akan menjadi lebih informatif dalam penyajian Laporan Keuangan, lewat penerapan sistem ini, Indonesia memasuki tahun ketiganya dalam Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Pemerintah Berbasis Akrual. Untuk itu, guna meningkatkan komitmen para Pimpinan Kementerian Negara/ Lembaga, dan untuk menciptakan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Negara yang berkualitas serta implementasi Akuntansi Berbasis Akrual pada Kementerian Negara/ Lembaga, maka Pemerintah Pusat menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017.

        Tahun ini pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan kepada Kementerian Negara/ Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dalam laporan keuanganya meraih Opini WTP selama 5 tahun berturut-turut atau lebih, yaitu sebanyak 26 Kementerian dan Lembaga Negara, 4 Pemerintah Provinsi termasuk Jawa Barat, dan 17 Pemerintah Kabupaten, serta 10 Pemerintah Kota, dimana Kota Banjar bersama Depok merupakan dua kota di Jawa Barat yang mendapat penghargaan ini, karena dinilai dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerahnya selalu memperoleh capaian tertinggi yaitu Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan secara berturut-turut atau minimal lebih dari 5 kali sejak 2012 sampai dengan sekarang.

         Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si dari Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, pada Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia Jakarta, Kamis, 14 September 2017.

       Kegiatan ini sebagai upaya memelihara dan meningkatkan komitmen serta menumbuhkan sinergi para pengelola keuangan negara, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang berkualitas, transparan, dan akuntabel. Pengelolaan keuangan negara yang baik merupakan unsur utama untuk mencapai tujuan yang lebih besar lagi, yaitu Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance), dalam memasuki tahun ketiga era baru pelaporan keuangan pemerintah, dengan penerapan Akuntansi Berbasis Akrual, diharapkan informasi keuangan yang dihasilkan lebih komprehensif sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan yang lebih baik dalam pengambilan keputusan dan kebijakan publik. Semua ini tidak mudah untuk dijalankan, perubahan ini memerlukan kerja keras dari seluruh jajaran birokrasi baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terutama para pengelola keuangan, harapannya rakernas ini menjadi momentum untuk bersama-sama bekerja keras guna meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah sesuaii dengan peraturan perundang-undangan.

      Menteri Keuangan mengatakan bahwa dengan Rakernas ini dapat menanamkan kesadaran tentang pentingnya informasi yang menyeluruh dan kredibel yang tersaji dalam laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk meningkatkan manfaatnya bagi masyarakat banyak, jadi diharapkan sesudah WTP dari BPK, laporan keuangan itu tidak hanya ditutup dan disimpan, tetapi seharusnya menjadi basis untuk membuat tindakan perbaikan yang makin memberikan manfaat bagi masyarakat. Kemudian beliau juga menambahkan untuk para penerima WTP agar tetap bekerja lebih keras lagi, karena opini ini bukan jaminan tidak adanya penyalahgunaan keuangan atau korupsi.

       Wali Kota Banjar menyampaikan rasa syukur atas raihan Penghargaan ini, “Alhamdulillah Kota Banjar bisa meraih kembali penghargaan ini, dan sebagai rasa syukur kita harus diwujudkan dengan berusaha untuk lebih meningkatkan kinerja kita agar bisa mempertahankan raihan ini, dan berterimakasih kepada seluruh OPD dan jajarannya serta kepada seluruh elemen masyarakat dan Stake Holder yang ada di Kota Banjar atas dukungan dan dorongan serta kontribusi dan kerja kerasnya sehingga Kota Banjar meraih Penghargaan ini, “ Raihan yang kita peroleh ini bukan hasil kerja saya sendiri saja, tetapi hasil kerja keras tim mulai dari tingkat pelaksana sampai dengan kepala OPD, yang harus dijadikan motivasi bagi Pemerintah Kota Banjar untuk lebih meningkatkan kinerjanya”.

Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Rakor Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) Kota Banjar 2017

        Untuk memantapkan pelaksanaan program PKH ini, Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas …

Tinggalkan Balasan