Aplikasi PATROMAN (Program Aplikasi Terpadu RKPD Online dan Manajemen Anggaran)

       Seiring Perkembangan teknologi informasi saat ini, sudah sebagian besar Kabupaten/Kota begitu juga Provinsi memiliki aplikasi untuk kepentingan e-musrenbang, RKPD online atau sebutan nama lain. Tetapi terkadang ruang lingkup aplikasi tersebut masih berdiri sendiri belum terintegrasi ke proses penganggaran, penatausahaan serta pertanggungjawaban laporan-laporan keuangan dan penggunaannya juga terbatas.

      Berdasarkan permasalahan tersebut, Bappeda Kota Banjar berkepentingan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi yang ada agar lebih terintegrasi satu sama lain dan dengan akses public yang seluas-luasnya agar masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi dan berpartisipasi dalam proses pembangunan di Kota Banjar.

      Dengan strategi mendesain aplikasi sedemikian rupa agar lebih interaktif, informative, multiuser dan memiliki banyak fitur untuk meng-handle proses mulai dari perencanaan sampai ke proses penganggaran bahkan sampai ke pertanggungjawaban. Adapun fitur-fitur utama yang dikembangkan meliputi : modul musrenbang Desa/Kelurahan, modul musrenbang Kecamatan, modul forum SKPD, modul musrenbang Kota, modul RKPD, KUA/PPAS, RKA, APBD, DPA, SPJ, Modul Monev dan Alert System untuk laporan-laporan yang dibuat periodic (bulanan, triwulan, tahunan dan lain-lain), summary executive untuk ringkasan-ringkasan yang diletakan di dashboard.

       Adapun user yang dapat menggunakan aplikasi tersebut diantaranya adalah masyarakat pada umumnya, operator Desa/Kelurahan, operator SKPD, Wali Kota serta user lainnya seperti pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, PPK, PPTK, kasir kegiatan, bendahara dan lain-lain.

      Dengan aplikasi Patroman, masyarakat Kota Banjar pada umumnya dimanapun berada sepanjang terkoneksi internet akan dengan mudah berpartisipasi menyampaikan dan memantau usulan kegiatannya dalam mekanisme musrenbang online serta mendapatkan informasi lainnya,  serta User Desa/Kelurahan dapat dengan mudah membuat rekapitulasi hasil musrenbang Desa/Kelurahan, User Kecamatan dapat dengan mudah memantau rekapitulasi hasil pelaksanaan musrenbang tingkat Desa/Kelurahan sebagai bahan penentuan skala prioritas di musrenbang Kecamatan.

      User  SKPD (PA, PPK, PPTK, Bendahara, Kasir kegiatan dll) dapat dengan mudah membuat matriks-matriks Renja, RKA, pencairan dan realisasi anggaran, SPJ, anywhere dan lain-lain. Kemudian User Wali Kota dan Pemangku Kebijakan lainnya dapat dengan mudah memantau pencapaian visi misi, target RPJMD, realisasi APBD dan lain-lain.

 Sumber    : Bappeda Kota Banjar

Diunggah : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusahan Berbasis Resiko Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach

Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Wali …

Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusahan Berbasis Resiko Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach

Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Wali …