Home / Berita Banjar / Kunjungan Kerja Di Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman

Kunjungan Kerja Di Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di sekitar rumah dengan sebaik-baiknya. Daripada dibiarkan tanpa ada manfaatnya, lebih baik diolah menjadi lahan yang produktif.
Menurutnya, Kota Banjar memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan berbagai tanaman yang bisa dikelola oleh masyarakat. Termasuk lahan yang ada di sekitar rumah masing-masing.
“Saya berkeinginan di Banjar ini ada KRPL atau Kawasan Rumah Pangan Lestari. Jadi, setiap rumah itu memiliki lahan yang dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran, bumbu dapur dan lainnya,” kata Wali Kota Banjar saat kunjungan kerjanya di Karyamukti Kecamatan Pataruman Rabu, 24/10/2019.
Ia pun meminta agar lahan-lahan yang tidur bisa dikembangkan lagi untuk kegiatan-kegiatan yang lebih produktif. Hal itu guna menunjang perekonomian Kota Banjar. Ia juga menyebutkan bahwa, kondisi kemiskinan di Kota Banjar mengalami penurunan dari 11,8 persen menjadi 5,6 persen.
Meski kemiskinan di Kota Banjar mengalami penurunan, namun kondisi itu tidak serta merta bisa dihilangkan begitu saja. Karena itu, dirinya berharap melalui pemanfaatan lahan-lahan yang ada dapat membantu taraf hidup masyarakat.
“PR kita hari ini adalah bagaimana caranya mengubah sesuatu yang mati menjadi hidup, seperti lahan yang kosong. Menjadikan sesuatu yang dianggap biasa menjadi lebih produktif. Itu yang kita harapkan. Jangan sampai kita diam saja, tapi harus terus bergerak,” tegasnya.
Dalam APBD tahun 2019 yang mencapai Rp 800 miliar, kata Ade Uu, 57 persen di antaranya dialokasikan untuk pelayanan publik. Sedangkan, 43 persen lainnya untuk kegiatan belanja tidak langsung.
Sementara itu, dalam proses pembangunan, selain pembangunan fisik, ada juga pembangunan non fisik yang mana menyasar terhadap semua lapisan masyarakat. Dari pembangunan non fisik itu, diharapkan masyarakat Kota Banjar bisa lebih maju dan memiliki semangat untuk bersama-sama membangun Kota Banjar.
“Kita di pemerintah terus mendorong agar semua ASN bekerja profesional, penyelenggaraan pemerintah yang good government dan good governance. Mari kita wujudkan Kota Banjar menjadi wilayah yang asri lingkungannya dan bersih pemerintahannya,” pungkas Wali Kota Banjar.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Tetapkan Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Tes CPNS

JAKARTA – Kesempatan untuk mengabdi kepada negara telah dibuka Pemerintah melalui rekrutmen calon pegawai negeri sipil …

Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa di Desa Cibeureum

Salah satu  tujuan diselenggarakannya kegiatan BSMSS adalah memberikan motivasi sekaligus stimulant kepada masyarakat, karena melalui …