Wali Kota Banjar Membuka Rapat Koordinasi Persiapan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka Rapat Koordinasi Persiapan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tingkat Kota Banjar Tahun 2022, yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Setda Kota Banjar. Selasa (12/07/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjar, Kepala Kementrian Agama Kota Banjar, para Camat, Kepala Desa/Lurah se-Kota Banjar, dengan narasumber Kepala Dinas Kesehatan.

BIAN adalah upaya pemberian imunisasi yang dilaksanakan secara terintegrasi yang meliputi 2 (dua) kegiatan yaitu Imunisasi Tambahan dan Imunisasi Kejar. Kegiatan Imunisasi Tambahan berupa pemberian satu dosis imunisasi Campak-Rubela secara masal tanpa memandang status imunisasi sebelumnya kepada sasaran dengan usia 9 sampai dengan 59 bulan, sedangkan Imunisasi Kejar adalah berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 sampai dengan 59 bulan. Imunisasi Kejar sendiri meliputi imunisasi Polio (tetes dan suntik/IPV), DPT-HB-HB, serta pelaksanaan perluasan dan introduksi vaksin baru (PCV, HPV, Rotavirus).

Dalam sambutannya, Wali Kota Banjar menjelaskan bahwa selama masa pandemi pelaksanaan imunisasi rutin di Indonesia tidak dapat berjalan optimal, sehingga terjadi penurunan cakupan imunisasi yang cukup signifikan. Hal ini juga terjadi di Kota Banjar, sehingga banyak sasaran vaksin di Kota Banjar belum mendapatkan layanan vaksin. Upaya tersebut dilaksanakan melalui kegiatan yang dinamakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, ada 11.375 sasaran vaksin Campak-Rubela serta target vaksin Kejar sebanyak 3.088 sasaran vaksin se-Kota Banjar. “Saya berharap target tersebut dapat tercapai guna mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi dan merata serta menghentikan transmisi virus Campak-Rubela serta Polio di Kota Banjar,” jelasnya. Wali Kota Banjar berharap dengan rapat koordinasi ini, dapat terjalin sinergi antar stakeholder di Kota Banjar, sehingga program tersebut dapat berjalan dengan optimal.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …