Home / Agama / Wali Kota Serahkan Zakat

Wali Kota Serahkan Zakat

     Bertempat di Gedung Dakwah Islam Kota Banjar, Jum’at, 14 Juli 2017 berlangsung Acara Pembagian Zakat Profesi dari para Agnia yang merupakan PNS Pemerintah Kota Banjar dan PNS Kementerian Agama Kota Banjar untuk periode Bulan Juli-2017. Pembagian Zakat diserahkan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih.

     Zakat ini dibagikan untuk Asnaf fakir miskin produktif yang mendapat bantuan modal sebesar 500 ribu rupiah per orang untuk 100 orang warga dari Kecamatan Banjar dan Pataruman, kemudian untuk sarana fisik keagamaan sebanyak 45 mesjid, madrasah dan pesantren mendapat bantuan 5 juta rupiah, serta Asnaf Fisabilillah juga mendapat bantuan dari hasil zakat ini.

     Wali Kota menyampaikan bahwa zakat yang salah satunya berasal dari zakat profesi PNS di Kota Banjar semoga bisa bermanfaat bagi yang menerimanya dan berharap di tahun mendatang jumlah zakat yang terkumpul akan lebih banyak lagi, sehingga bisa membantu memberdayakan masyarakat Kota Banjar agar bisa keluar dari masalah kemiskinan.

    Beliau juga menghimbau agar uang yang tersalurkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerimanya, jangan sampai dipakai untuk yang tidak penting, karena zakat ini terselenggara demi mensejahterakan masyarakat Kota Banjar, jangan dilihat dari nominalnya namun ambil manfaatnya dan do’akan semoga seluruh PNS Kota Banjar dapat menyalurkan zakat profesinya ke Badan Amil Zakat sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang kurang beruntung dapat merasakan manfaatnya. Banjar membangun lewat pembangunan fisik dan non fisik, pembangunan fisik itu terlihat hasilnya sementara yang sulit adalah pembangunan non fisik, berupa program rohani dan keagamaan, misal dengan gerakan tiap hari mengaji Al-Quran, Solat Subuh berjamaah, Tablig Akbar dan penambahan pelajaran Agama di sekolah, tetapi ini saja tidak cukup masih diperlukan dukungan semua warga masyarakat, dan tokoh Agama serta peran lingkungan untuk mewujudkan Banjar yang agamis supaya Kota Banjar bebas dari maksiat dan diberkahi Alloh SWT.

      Sementara Ketua Baznas Kota Banjar, Abdul Kohar menjelaskan bahwa zakat yang dikelola Baznas Kota Banjar mengalami peningkatan signifikan, zakat yang dibagikan ini juga merupakan perolehan zakat periode bulan Juli tahun 2017. Dia menambahkan bahwa zakat profesi diberikan merata kepada yang berhak menerima bagian secara adil pada orang yang tepat yang sudah diatur ketentuan Syariat Islam. Empat unsur penting turut serta membantu dalam pembagian zakat yaitu Ulama yang tinggi ilmunya, Pemimpin yang adil, Orang kaya yang mau memberikan hartanya dan Do’a orang-orang yang tidak mampu.

 

Sumber     : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Dukung Program Gemmar Mengaji; Wali Kota Banjar Resmikan Kampung Tadarus

          Dalam rangka mendukung program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (Gemmar Mengaji), …

HUT IBI KE-66 TINGKAT KOTA BANJAR

  Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengungkapkan, Peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) …