PAWAI TARHIB RAMADHAN 1438 H

112-pawai-tarhib      Dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1438 H, Panitia Hari Besar Islam ( PHBI ) Kota Banjar melaksanakan Pawai Tarhib Ramadhan, yang diikuti kendaraan roda dua dan empat utusan dari Organisasi Perangkat Daerah, Ormas Islam, OKP, serta sekolah-sekolah di seluruh Kota Banjar. Rute pawai kali ini dimulai dari Alun-Alun melalui Parungsari- Jembatan Baru – Taman Kota- Jl. Husein Kartasasmita- Pintu Singa – Gardu – Pamongkoran – Tanjungsukur –Cikabuyutan Timur – Lembur Balong – Panatasan – Rancakole – Langkap Lancar – Muktisari – Pos Polisi Langen- Jl. Pengairan – Dobo – Pasar Banjar – Jl. Kantor Pos – Jl. Pegadaian & Finish di Alun Alun Kota Banjar. Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih beserta  Wali Kota Banjar Periode sebelumnya H. Herman Sutrisno, Wakil Wali Kota Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para Kepala OPD serta MUI Kota Banjar.

       Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjar yang sekaligus Ketua PHBI Kota Banjar, H. Undang Munawar  dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan Pawai Tarhib ini adalah untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan yang tinggal satu hari lagi, karena itu marilah kita sambut & songsong bulan ini dengan penuh gembira, ikhlaskan diri dalam melaksanakan ibadah kepada Alloh SWT. Tujuan Pawai Tarhib ini juga sebagai sarana silaturahmi dan untuk memotivasi masyarakat agar  lebih banyak bersyukur dan bersabar menghadapi berbagai permasalahan dan perubahan yang terjadi saat ini dan yang akan datang.

      Sebelum melepas peserta Pawai Tarhib, dalam sambutannya Wali kota Banjar  mengatakan bahwa Pawai ini dilaksanakan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan 1438 H, bagi umat Islam dengan datangnya Bulan Suci ini mempunyai arti tersendiri karena dibulan ini penuh dengan rahmat, maghfiroh dan ampunan, kita semua tahu bahwa kita diwajibkan Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan seperti juga telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kita, berpuasa itu adalah untuk mencetak manusia agar menjadi taqwa kepada Alloh SWT, karena berpuasa itu yang bisa mengetahui hanyalah Alloh SWT dan diri kita sendiri, setengah dari pada keutamaan orang berpuasa adalah mendapat dua kegembiraan yaitu ketika waktu berbuka dan waktu bertemu dengan Alloh. Karena orang yang menunaikan ibadah puasa satu hari itu akan menyebabkan kita diampuni dosa-dosa kita baik yang telah lewat maupun yang akan datang, apabila Bulan Ramadhan telah berakhir dengan sempurna orang tersebut akan bersih dari dosa hingga akhir tahun, marilah kita sambut bulan yang suci ini dengan penuh gembira penuh keikhlasan, kita lipat gandakan amaliah  kita, seperti Shiyam (Puasa), berinteraksi dengan Al-Qur’an Odoz (one day one juz), Odoa (one day one ayat) atau Odol (one day one lembar), Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih) dan teruskan dengan Tahajud memperbanyak Dzikir, Doa, dan Istighfar, Shodaqoh, Infak, Zakat, menuntut ilmu dan menyampaikanya, I’tikaf, mencari Lailatul Qodar, dan menjaga keseimbangan dalam ibadah. Beliau juga mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H kepada seluruh umat Islam khususnya di Kota Banjar semoga kita dapat mewujudkan hari depan yang lebih baik lagi.  

    Sebelum melepas peserta Pawai Tarhib beliau mengakhiri sambutannya dengan menghimbau kepada peserta Pawai Tarhib agar berdisplin dalam berkendaraan, jangan saling mendahului, sehingga kita dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat untuk tertib di jalan raya.

 

Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusahan Berbasis Resiko Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach

Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Wali …

Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusahan Berbasis Resiko Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach

Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Wali …