MUSRENBANG KOTA SATUKAN POLA PIKIR PELAKU PEMBANGUNAN

39-a-musrenbang1     Bertempat di aula Setda Kota Banjar, Senin, 27 Februari 2017 berlangsung acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan   ( Musrenbang) Tingkat Kota Banjar Tahun 2017. Acara ini dibuka oleh Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si dan dihadiri pula oleh Wakil Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M. Kes, Forum Konsultasi Pimpinan Daerah Kota Banjar, Kepala Bapeda Provinsi, Kepala BKPP Wilayah IV, Ketua DPRD beserta anggota, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Banjar, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat, LSM serta wartawan.

    Kepala Bapeda mengatakan bahwa koordinasi antar OPD dan lintas daerah harus dimaksimalkan sehingga program kegiatan disetiap OPD dapat sejalan dan bersinergi. Sebelumnya juga telah dilaksanakan Musrenbang Tingkat Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan dan Forum OPD yang melibatkan semua stakeholders pembangunan, yang mencerminkan perencanaan pembangunan yang telah mengedepankan prinsip-prinsip partisipatif, top down and bottom up, transparansi dan integrated planning.

      Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa Musrenbang Tingkat Kota bertujuan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kota/ kabupaten dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah kota/kabupaten, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

    Musrenbang Tingkat Kota Tahun 2017 merupakan bagian penting dalam perumusan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) Kota Banjar Tahun 2018 dimana penyusunannya harus berdasarkan RPJMD Kota Banjar tahun 2014-2018 sehingga antara dokumen RPJMD dan RKPD diharapkan tetap sejalan dan saling berkaitan, yang tentunya harus mempunyai nilai strategis sebagai instrument untuk mengoperasionalkan RPJMD, menjadi acuan penyusunan rencana kerja OPD, memberikan gambaran konsistensi program dan sinkronisasi pencapaian sasaran antara RKPD dengan RPJMD, sebagai pedoman dalam penyusunan KUA PPAS, selain itu rangkaian musrenbang merupakan suatu proses pengambilan keputusan secara partisipatif dan juga merupakan arena strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan empat pilar, yaitu Pemerintah Daerah (Eksekutif dan Legislatif), kalangan akademisi, dunia usaha dan komunitas/ masyarakat dengan tetap berpedoman  pada hukum/ peraturan.

      Musrenbang Tingkat Kota juga menjadi salah satu momen penting untuk menyatukan pola piker dan aspirasi dari berbagai pelaku pembangunan serta mengintegrasikan berbagai urusan pemerintahan. Melalui Musrenbang Kota diharapkan dapat menghasilkan formula strategis daerah yang terpadu melalui peningkatan kapasitas manajemen aparatur daerah dengan menekankan pada peningkatan pelayanan dasar bagi masyarakat yang sinergi dengan visi, misi Kota Banjar serta mendukung sasaran pembangunan Jawa Barat dan Nasional, peningkatan PAD perlu ditingkatkan tanpa mengabaikan prinsip keadilan dan biaya ekonomi, peningkatan koordinasi dan percepatan informasi terhadap berbagai hal terutama yang menjadi tuntutan dan harapan masyarakat sehingga kita dapat memberikan respon yang cepat dan tepat.

 

(Sumber    : Bagian  Humas  Setda Kota Banjar)

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

Rapat Koordinasi Teknis Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Ngawal Jawa Barat Zero New Stunting (NGABRING) Tahun 2022

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Tim Percepatan Penurunan …

Wali Kota Buka Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Bagi Pelaku UKM

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk …