HARI LANJUT USIA NASIONAL TINGKAT KOTA BANJAR

       Di Aula Desa Neglasari Kecamatan Banjar Kota Banjar, Senin 29 Mei 2017 berlangsung acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional dan Launching Penyerahan Jaminan Hidup Lansia. Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Banjar, Pimpinan Bank Jabar, unsur FKPD, Kepala Dinsos P3A, Para Camat, Lurah dan Kades, para Kepala OPD serta para Lansia.

    Menurut Kadinsos P3A, Asep Tatang bahwa Pemerintah Kota Banjar telah menetapkan kebijakan dari tahun 2014 sampai dengan sekarang yaitu pemberian bansos untuk meringankan beban hidup para lansia tidak potensial yaitu berupa pemberian bansos sebesar 500 ribu per orang bagi 1000 lansia yang diprioritaskan berada dalam keadaan sosial ekonomi lemah, pada hari ini akan disalurkan bantuannya secara simbolis. Pemerintah Pusat juga berperan melalui Kemensos untuk Kota Banjar sejak 2012 telah menyantuni 60 orang lansia terlantar melalui program ASLUT (Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar) yang mendapatkan bantuan sebesar 200 ribu per bulan atau 2 juta 400 ribu per tahun, yang didistribusikan 4 bulan sekali dan bagi yang masih potensial ada bantuan usaha ekonomis produktif bagi lansia, agar mereka dapat tetap efektif dalam kekuatan sosial spiritual dan ekonomi dan sejak 2016 sebanyak 320 jiwa lansia di Kota Banjar mendapat bantuan melalui program keluarga harapan. Untuk penyaluran hari ini lansia yang akan mendapat bantuan sebanyak 47 orang, terdiri dari 22 dari Desa Neglasari dan 27 dari Kel. Situbatu. 

     Wali Kota Banjar menuturkan bahwa Peringatan Hari Lansia tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 29 Mei, mengambil tema “ Hidup bermartabat diusia senja, Lanjut usia sejahtera” hal ini mempunyai arti bahwa sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi setiap individu keluarga dan masyarakat, untak menghormati lansia, mereka telah membesarkan anak-anak dengan penuh kasih sayang, tidak sepatutnya dilupakan atau disisihkan, tidak ada yang bisa membayar nilai kasih sayang dan air susu ibu, jangan sampai terjadi lagi kasus seorang anak yg menyeret ibunya ke pengadilan terkait masalah hutang piutang, atau tindakan kekerasan lainya baik secra psikologis fisik dan ekonomi, ini menyedihkan, sebab dari orang tua kita dpt belajar banyak hal, kita dapat meneladani kerja keras dan perjuangan mreka untuk mengasuh dan mensejahterakan anak-anaknya.

     Di Kota Banjar berdasarkan data Dinas Kependudukan tahun 2016 jumlah penduduk yang berusia 60 tahun ke atas adalah laki-laki 12.447 jiwa, perempuan 13.188 jiwa, atau seluruhnya 25.635 jiwa dari 198.425 jiwa penduduk Kota Banjar atau 12,92 % dari penduduk Kota Banjar adalah lansia, kondisi tersebut merupakan suatu potensi yang sangat baik bila para lansia tersebut dapat diberdayakan mengingat para lansia adalah tokoh yang dapat berfungsi sebagai pemelihara nilai dan norma sosial. Para lanjut usia adalah penjaga rambu rambu sosial dan pelestari nilai-nilai kesetiakawanan sosial juga sekaligus pemelihara dan pewaris budaya bangsa serta pemberi contoh untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang kita cintai ini. Dengan struktur penduduk yang mengarah ke struktur tua maka hal hal yang terkait perlindungan lansia, sarana dan prasarana yang ramah lansia harus disiapkan dari sekarang.

     Pemerintah Kota Banjar akan selalu berusaha untuk mewujudkan kawasan ramah lanjut usia, baik dari sisi ruang terbuka dan bangunannya, transportasi ramah lansia, pekerjaan ramah lansia, pelayanan kesehatan, serta Pemkot Banjar telah menetapkan kebijakan dari tahun 2014 s/d  sekarang yaitu berupa pemberian bansos untuk meringankan beban hidup para lansia tidak potensial yaitu berupa pemberian bansos sebesar 500 ribu per orang bagi 1000 lansia yang diprioritaskan berada dalam keadaan sosial ekonomi lemah, dan insya Alloh pada hari ini akan saya salurkan bantuannya secara simbolis.

    Wali Kota juga menghimbau bahwa program-program dalam rangka penanggulangan kemiskinan seperti rehab rumah tidak layak huni, rastra daerah, bantuan non tunai para lansia yang memenuhi kriteria menjadi prioritas utama serta kepada para petugas kesehatan untuk melaksanakan tugasnya secara kontinyu, dalam pemeriksaan kesehatan melalui program home care agar para lansia dapat terus hidup sehat dan bahagia. Beliau berterimakasih pada para lansia di seluruh Kota Banjar dan selamat Hari Lansia semoga disisa umur yang diberikan oleh Alloh SWT dapat dijalaninya dalam keadaan ketaatan dalam beribadah bersyukur sehat dan sejahtera, Amin yarobal alamin.           

Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …