Home / Berita Banjar / Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pelaku Koperasi dan UKM

Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pelaku Koperasi dan UKM

Dalam rangka peningkatan ekonomi, khususnya bidang Koperasi dan UMKM, Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan menyelenggarakan acara kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pelaku Koperasi dan UKM, yang bertempat di Rumah Makan Bu Djoko, Selasa, 12 November 2019.
Kegiatan ini diikuti oleh 62 peserta yang berasal dari pelaku usaha Koperasi dan UKM se-Kota Banjar, dengan menghadirkan narasumber dari Bakorwil Provinsi Jawa Barat serta dari praktisi/ tenaga ahli.
Kadis KUKMP, Saifuddin menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari, yang dibagi dalam 2 tempat, yaitu di RM. Bu Djoko bagi para pelaku UKM serta di RM. Citra bagi para pelaku Koperasi. “Pelatihan ini terbagi menjadi dua, untuk UKM dikhususkan bagi wirasusaha baru dan pelaku koperasi lebih ke pelatihan kemanejemenan.
Lebih lanjut Kadis menambahkan bahwa di era modern ini, para pelaku usaha dan para pengurus koperasi harus melek teknologi sehingga bisa mengikuti arus jaman lewat era digital ini. “Penggunaan internet di kita sudah luar biasa, itu bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam memasarkan produknya, para pelaku koperasi juga bisa mempergunakannya untuk berbagai promosi”. Para peserta kegiatan pelatihan itu, selain diberikan makanan secara gratis selama kegiatan, mereka juga difasilitasi uang transportasi, tas gendong, serta sertifikat pelatihan.
Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana membuka acara tersebut dengan didampingi oleh Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar, Saifuddin. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua Kadin Banjar dan Pangandaran.
Menurut Wakil Wali Kota kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Banjar  dalam meningkatkan laju pertembuhan ekonomi di Kota Banjar. “Pembinaan koperasi dan UKM di Kota Banjar itu selalu terus menerus dilakukan, meski begitu kita tidak akan pernah bosan memberikan edukasi terhadap mereka, dan untuk kali ini ada beberapa wirausaha baru yang mengikuti pelatihan ini. Lebih lanjut Wakil Wali Kota menambahkan bahwa di era modern ini, para pelaku usaha dan para pengurus koperasi harus melek teknologi sehingga bisa mengikuti arus jaman lewat era digital ini. “Penggunaan internet di kita sudah luar biasa, itu bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam memasarkan produknya, para pelaku koperasi juga bisa mempergunakannya untuk berbagai promosi,” tegasnya.
Beliau berharap agar harus adanya sinergitas antara para pelaku koperasi dan pelaku UKM, sehingga mempermudah para pelaku usaha dalam proses pemasaran produk mereka, dengan adanya sinergi yang terjalin diharapkan kewirausahaan berkembang di Kota Banjar yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat para pelaku UKM itu sendiri, tentunya dapat meningkatkan daya beli, kemudian dengan adanya program pengembangan usaha berbasis komoditas unggulan lokal seperti OVOP (One Village One Product), yang semuanya dilakukan dengan pendekatan usaha berbasis komoditas lokal dengan skala industri dan secara bisnis profesional lebih efektif dan berkelanjutan.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Bantuan Keuangan Gubernur Jabar Terserap Rp 700 Miliar

Masih adanya program pembangunan di kabupaten dan kota yang belum terealisasi melalui dana bantuan Gubernur …

Penghargaan Baznas Awards 2019

Zakat merupakan sebagian harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan …