HELARAN SENI MERIAHKAN HUT KOTA BANJAR KE-14

34-helaran-3      Di jalan sekitar Alun-alun Kota Banjar, Rabu 22 Februari 2017 digelar Helaran seni dan budaya dalam rangka Hari Jadi Kota Banjar ke-14 tahun 2017. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, dan dihadiri pula oleh Wakil Walikota Banjar, Sekretaris Daerah, para Pejabat Sipil, TNI dan Polri, Kepala OPD, Ketua DPRD, TP-PKK Kota Banjar, Perwakilan dari TMII Anjungan Jawa Barat, Walikota dan Wakil Walikota periode 2003-2013 serta tamu undangan dan masyarakat. Tanda dimulainya acara ini Walikota memukul gondang dan kentongan.

        Sejak pagi jalan Letjen Suwarto Kota Banjar yang menjadi pusat kegiatan helaran tersebut telah dipadati peserta dan penonton. Iring-iringan peserta menyuguhkan berbagai kesenian dan atraksi yang ditampilkan oleh para pelaku seni budaya, baik dari desa maupun kelurahan di Kota Banjar, membuat menarik ribuan warga yang tumpah ruah turun memadati pinggir jalan sepanjang rute iring-iringan helaran. Pesertanya berasal dari Desa dan Kelurahan, serta ada dari berbagai OPD, BUMN, BUMD, TNI, POLRI, Sekolah mulai TK, SD, SMP sampai SMA, ada juga atraksi kesenian seperti seni badawang, manuk Janur, sisingaan, dan berbagai kesenian lainnya, selain itu juga dipamerkan berbagai produk unggulan, makanan khas masing-masing desa dan kelurahan, juga ada perwakilan kesenian dari dua Kabupaten tetangga yakni Pangandaran dan Ciamis dengan seni bebegignya.

       “ Sangat menghibur, selain itu masyarakat menjadi tahu apa saja unggulan produk atau seni dari masing-masing desa/ kelurahan, ” Aco Karso sebagai ketua pelaksana kegiatan ini, mengatakan juga bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan karya dan kreasi seni yang ada di Kota Banjar serta menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya kita.

       Walikota Banjar menyampaikan terima kasih banyak atas dukungan dan partisipasi dari semua elemen masyarakat Kota Banjar sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, kini Kota Banjar telah menginjak diusianya yang ke 14 tahun, walaupun usianya terbilang muda, namun telah berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, baik di tingkat provinsi maupun nasional,”ucapnya. Beliau manambahkan bahwa semua raihan prestasi ini sebagai bukti eksistensi Kota Banjar dimana telah mampu sejajar dengan kab/ kota lainnya kususnya di Jawa Barat, momentum ini merupakan suatu energi positif yang sangat besar, dan diharapkan dapat menambah motivasi dan semangat bagi masyarakat  untuk dapat mengisi pembangunan disegala bidang sesuai kemampuan dan keahlianya masing-masing, sebab seni budaya dan pariwisata merupakan bagian penting dari kehidupan manusia, baik dalam kehidupan perorangan maupun dalam kehidupan bermasyarakat, , selain menjadi sarana promosi kepariwisataan juga mendorong berkembangnya ekonomi kreatif,  serta untuk melestarikan seni budaya kita jangan sampai punah dan  juga diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, serta membentuk pribadi masyarakat yang berkarakter dan memiliki identitas.

     Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kota Banjar sebagai koordinator acara helaran seni merasa puas karena antusias peserta sangat bagus dengan menampilkan potensi daerah masing-masing dan melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih menggali kreatifitasnya dalam menciptakan produk unggulan dari masing-masing desa maupun kelurahan. Karena kesuksesan pembangunan itu berawal dari peran serta aktif masyarakatnya yang berkontribusi bagi kemajuan pemerintah daerah. Helaran seni memeriahkan Hari Jadi Kota Banjar rutin digelar tiap tahun, dan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat, dengan ditampilkannya peserta berkostum unik, juga berbagai macam kendaraan hias, serta beragam produk unggulan, seni budaya dari setiap desa/ kelurahan, masyarakatpun jadi tahu produk unggulan dan kesenian dari tiap daerah di Kota Banjar.

 

(Sumber    : Bagian  Humas  Setda Kota Banjar)

Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

Istighosah Dan Do’a Bersama

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Istighosah dan Do’a Bersama …

Wali Kota Banjar Hadiri Acara Pembukaan Tahapan Penilaian Presentasi Kompetisi Inovasi Jawa Barat Tahun 2022

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan pembukaan Tahapan Penilaian Presentasi …