Home / Berita Banjar / Wali Kota Tegaskan RS Asih Husada Siap Rawat Pasien Covid-19

Wali Kota Tegaskan RS Asih Husada Siap Rawat Pasien Covid-19

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih menyampaikan bahwa Rumah Sakit Asih Husada Langensari saat ini telah siap beroperasi untuk perawatan dan penanganan pasien Covid-19.
Akan tetapi, pasien Covid-19 tersebut hanya untuk menangani pasien dengan kategori ringan seperti pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang tanpa gejala (OTG).
“Fasilitasnya sudah siap semua tapi untuk pasien Covid-19 dengan kategori ringan. Kalau yang parah tetap di RSUD,” kata beliau, Senin, 11 Mei 2020.
Terkait kelengkapan tenaga medis saat ini Pemerintah Kota Banjar sudah mendapatkan bantuan tenaga dokter dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membantu menangani pasien di RS Asih Husada. Selain itu, untuk tenaga perawat, sementara ini, ada 11 relawan yang akan ditempatkan hasil seleksi pendaftaran yang dilakukan oleh pemerintah kota beberapa waktu lalu.
“Persiapan ini untuk mengantisipasi adanya pemudik, tapi mudah-mudahan tidak terisi karena saat ini Banjar sudah mulai menurun,” harapnya. Direktur RS Asih Husada dr. Wiwik Nur Santi membenarkan, saat ini RS Asih Husada sudah mulai dioperasikan, termasuk pemenuhan fasilitas untuk perawatan pasien Covid-19 juga sudah dilengkapi.
“Ada 19 bed untuk pasien yang sudah kami persiapkan berikut fasilitas penunjangnya. Tapi itu untuk isolasi pasien ODP dengan komorbid (penyakit penyerta), PDP ringan, dan pasien terkonfirmasi tanpa gejala saja,” jelasnya.
Dia menambahkan bahwa untuk jumlah tenaga medis yang sudah dipersiapkan diantaranya perawat sebanyak 21 orang, analis kesehatan 4 orang, penata radiologi 1 orang dan dokter umum sebanyak 3 orang serta tenaga medis dari Puskesmas yang diperbantukan di RS Asih Husada.
“Kami juga ada relawan medis dari Provinsi dan dokter spesialis paru yang sudah ditunjuk untuk diperbantukan,” tutupnya.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

Update Data Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Tim Terpadu COVID-19 Crisis Center Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota …

PSBB Kota Banjar Berlanjut

PSBB Kota Banjar berlanjut. Hal itu diputuskan usai Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota …

Tinggalkan Balasan