Home / Berita Banjar / Wali Kota : Kesenian Gondang Buhun Harus Dilestarikan

Wali Kota : Kesenian Gondang Buhun Harus Dilestarikan

  Ketika menghadiri peresmian pembangunan jalan di Dusun Pagerbatu RT 22 RW 07 Desa Batulawang, Kota Banjar, Selasa, 18 Desember 2018, Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih disambut dengan kesenian tradisional Gondang Buhun, yang dimainkan oleh kaum wanita lanjut usia.
 Kepala Desa Batulawang Ani Sumarna mengatakan, Gondang Buhun merupakan kesenian tradisional khas Desa Batulawang, yang dimainkan secara turun temurun dari nenek moyang ke anak cucu hingga dan saat ini masih dilestarikan. “Ini kesenian tradisional yang harus dilestarikan. Apalagi dimainkan oleh ibu-ibu sepuh (nenek-nenek, red),” ujarnya.
    Menurutnya kesenian Gondang Buhun selain dimainkan untuk penyambutan acara atau kegiatan, juga sering ikut tampil di berbagai event di daerah lain, yang dimainkan enam orang.
   Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengaku bangga, meski pemainnya sudah tua-tua namun masih tetap semangat memainkan Gondang Buhun.
    “Ini kesenian salah satu budaya kearifan lokal asli Kota Banjar yang harus dilestarikan. Supaya anak cucu kita bisa menikmatinya,” ungkapnya.
    Salah seorang pemain, Ikah (70) mengatakan, Gondang Buhun merupakan kesenian turun temurun dari nenek moyang yang sudah ada sejak dulu dan masih dimainkan hingga sekarang. “Ini kesenian turun dari nenek kami. Dulu dimainkan oleh ibu lalu dilanjutkan oleh saya (Ikah, red),” katanya
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa

Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa atau BSMSS di Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, …

Penutupan Pelatihan Diklat Revolusi Mental

Pelatihan Diklat Revolusi Mental yang bertempat di Aula Dispora Kota Banjar resmi ditutup oleh Wakil …