Home / Berita Banjar / Wali Kota Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021

Wali Kota Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021

Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXV Tahun 2021, dengan tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju” menjadi momentum Kepala Daerah mengatasi dampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Peringatan Hari Otda tahun ini dilaksanakan secara virtual diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se-Indonesia, Senin, 26 April 2021.
Wakil Presiden Republik Indonesia dalam arahannya mengatakan bahwa Otonomi Daerah merupakan kewenangan daerah untuk mengatur sendiri kepentingan masyarakat atau kepentingan untuk membuat aturan guna mengurus daerahnya sendiri. Pelaksanaan otonomi daerah merupakan titik fokus yang penting dalam rangka memperbaiki kesejahteraan rakyat. Pengembangan suatu daerah dapat disesuaikan oleh pemerintah daerah dengan potensi dan kekhasan daerah masing-masing. Apresiasi diberikan kepada 270 daerah yang telah melaksanakan pemilihan Kepala Daerah secara langsung dengan aman, tertib dan terkendali, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Hal ini menendakan bahwa roda pemerintahan dapat dilaksanakan meskipun dimasa pandemi seperti saat ini. Mengakahiri arahannya, Wakil Presiden mengharapkan seluruh Kepala Daerah menjadi ujung tombak pemerintah dalam menegakan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksin bagi seluruh warga di masing-masing wilayah.
Ditemui setelah kegiatan tersebut, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., mengatakan bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah juga harus menjadi momentum yang tepat bagi pemerintah daerah untuk membuktikan kemampuannya dalam melaksanakan kewenangan yang menjadi hak daerah. Maju atau tidaknya suatu daerah sangat ditentukan oleh kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan yaitu pemerintah daerah. Pada prinsipnya, otonomi daerah setiap daerah harus mampu menciptakan inovasi dan kreatifitas dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Banjar, Perwakilan Kodim 0613 Ciamis, perwakilan Kejari serta Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Banjar.

Sumber     : Dokumentasi Pimpinan Daerah Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah  : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar, …

Woro-woro Prokes Pasca Libur Idul Fitri

Sinergi Dua Srikandi Kota Banjar kembali serukan disiplin Protokol Kesehatan. Dengan menggunakan mobil milik Polres …