Home / Berita Banjar / Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Bencana Longsor

Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Bencana Longsor

Rumah semi permanen di Dusun Cilengkong RT 18 RW 09 Desa Neglasari Kecamatan Banjar diterjang longsor sekitar pukul 23.30 Kamis, 4 April 2019.  yang mengakibatkan bagian kamar rumah berukuran 4×5 meter hancur. Pemilik rumah Empat (65) mengaku peristiwa itu terjadi saat dirinya tengah tidur di kamar. “Ibu (Empat menyebut dirinya ) reuwas longsor asup ka bumi pas hujan,” ujarnya, dirinya berharap ada bantuan untuk perbaikan rumah.
  Kasi Logistik dan Rehab BPBD Kota Banjar Kuslan mengatakan tebing setinggi lima meter longsor saat hujan deras Kamis malam. Material longsor menimpa rumah Empat. “Kita langsung ke lokasi setelah mendapatkan laporan dari masyarakat ada rumah terkena longsor,” jelasnya.
  Pihaknya sudah mendata berapa jumlah kerugian yang dialami korban. Saat ini dalam pengajuan perbaikan ke Wali Kota. “Mudah-mudahan secepatnya dapat bantuan, kita langsung beri bantuan logistik,” ujarnya. Untuk sementara, korban mengungsi di rumah saudaranya yang tidak jauh dari rumah korban.
  Berkenaan dengan kejadian tersebut Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih langsung meninjau lokasi bencana tersebut pada hari Selasa, 09 April 2019, didampingi Kepala BPBD dan Camat Banjar.
  Beliau berpesan kepada warga yang tinggal di lokasi rawan bencana agar selalu berhati-hati dan waspada karena cuaca sekarang ini yang tidak menentu, kadang panas kadang turun hujan,   hujan bisa menimbulkan banjir dan longsor juga kadang ada angin kencang bisa menimbulkan pohon tumbang bisa menimpa rumah warga, para petani yang lagi di sawah juga harus waspada kalau ada petir segera berlindung ketempat yang aman. Kalau ada pohon yang sudah tua mohon ditebang aja ganti sama yang baru.
  Kepada korban rumah tertimpa longsor beliau meminta agar selalu bersabar karena bencana datang diluar nalar manusia, hanya saja kalau tinggal di lokasi yang rawan bencana agar berhati- hati, kalau bisa pindah dulu ke saudara atau kerabat yang daerahnya aman, kemudian Wali Kota berpesan agar kita lebih mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa, Alloh Subhanahu Wata’ala dengan banyak beribadah, dan berdo’a, serta mengaji supaya kita dihindarkan dari mara bahaya dan bencana.
  Wali Kota juga memberikan bantuan alat alat rumah tangga alakadarnya, makanan ringan dan beras, sementara untuk perbaikan rumah anggarannya harus diajukan dulu ke Bagian Kesra butuh proses untuk pencairannya.
 
Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2019

About Kominfo Banjar

Check Also

Halal Bil Halal Lingkup Pemkot Banjar

  Senin 10 Juni 2019, Pemerintah Kota Banjar menyelenggarakan kegiatan Halal Bil Halal Lingkup Pemerintah …

WALI KOTA PIMPIN UPACARA HARI LAHIR PANCASILA

  Wali kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih memimpin langsung Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat …