Home / Berita Banjar / Wali Kota Banjar raih Satya Lencana Pembangunan

Wali Kota Banjar raih Satya Lencana Pembangunan

   Melalui berbagai inovasi dan pengembangan Program KB di Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si akhirnya mendapatkan Penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia. berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 44/PK/2018 tentang Penganugerahan Satya Lencana Pembangunan. Tanda kehormatan ini langsung disematkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani kepada Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Jumat, 06 Juli 2018 pada acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 di Manado Sulawesi Utara. Penganugerahan Satya Lencana Pembangunan diberikan Presiden Jokowi untuk Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota sebagai penghargaan atas komitmen dan kinerja kepala daerah di bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).
   Ketua Umum TP PKK Pusat Ny dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Harganas merupakan perwujudan kepedulian dan perhatian dalam upaya menjadikan keluarga sebagai subjek dan objek pembangunan, dalam menciptakan keluarga kecil sehat dan bahagia. “Melalui tema Harganas XXV, ‘Hari Kita Semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana’ mengandung pesan bahwa cinta keluarga dan anak untuk meraih generasi emas tahun 2045 mewujudkan keluarga kecil yang tidak kekurangan,” katanya. Lebih lanjut disampaikannya, bahwa keluarga tempat persemaian pembentukan karakter dan penilaian kepribadian sosial, yang nantinya akan membentuk nilai-nilai luhur bangsa demi terwujudnya ketahanan keluarga dan ketahanan nasional.
   Sementara Menko PMK Puan Maharani mengatakan bahwa melalui penganugerahan penghargaan ini, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota agar tetap berkomitmen dalam berkontribusi menjadikan keluarga sebagai tempat pertama menciptakan sumber daya manusia generasi penerus yang berkarakter. “Harganas bukan hanya seremonial belaka, tetapi hendaknya dijadikan momentum bagaimana semua kepala daerah dapat meningkatkan prestasinya masing-masing dan membangun komitmen bersama dalam memajukan pembangunan yang diawali dari keluarga. Mari bersama membangun keluarga dengan ikut program KB yang tentu berdampak dalam membentuk keluarga yang sehat, mandiri dan berketahanan,” ujar Puan Maharani.
  Selain penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan, juga diberikan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya, Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, Cipta Karya Kencana dan Piala Upakarti untuk seluruh pemerintah daerah. Hadir dalam acara tersebut Menko PMK, Puan Maharani, Menteri Pemberdayaan Perempuan, Yohana Yembise, Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Pusat, Sigit Priohutomo, Ketua Umum TP PKK Pusat, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumulo dan pengurus pejabat Kementerian, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Ketua TP PKK Rita Dondokambey Tamuntuan beserta pengurus, Gubernur dan Wali Kota se Indonesia, Kepala Perwakilan BKKBN Provsu Temazaro Zega dan Kadis Pengedalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Provsu dr Ria Nofida Telaumbanua.
   Wali Kota Banjar menyampaikan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi ke depan dalam hal menyukseskan Program KB dan Keluarga Sehat Sejahtera. “Mudah-mudahan penghargaan ini bisa menambah semangat bagi kami dan tidak hanya menjadi seremonial semata menerima penghargaan, tetapi yang terpenting bagaimana meningkatkan kinerja kita dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT.” Hal lainnya, Wali Kota juga menyebutkan bahwa masyarakat kini sudah lebih cerdas untuk mengikuti Program KB yang digalakan pemerintah. “ KB bukan untuk menghambat atau membatasi jumlah anak, tapi mengatur jarak kelahiran untuk menjaga kesehatan reproduksi ibu serta banyak manfaat lainnya yaitu  masyarakat memiliki ilmu pengetahuan yang baik soal mengelola keluarga yang sejahtera,” katanya.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2018

About Kominfo Banjar

Check Also

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL & APEL GABUNGAN SERTA PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL FORMASI BIDAN PTT DAN PENYULUH PERTANIAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANJAR TAHUN 2018

   Senin, 17-09-2018 berlangsung Acara Upacara Hari Kesadaran Nasional & Apel Gabungan serta Pengambilan Sumpah …

SEPEDA NUSANTARA ETAFE MANDALAREH

   Minggu, 16 September 2018 benar-benar menjadi hari yang bahagia bagi masyarakat Kota Banjar, khususnya …