Wali Kota Banjar, Kunjungi Pekerja Migran Asal Lingkungan Siluman Baru

Wali Kota Banjar, Dr. Hj Ade Uu Sukaesih, M.Si., mengunjungi Tati Rohayati (59), seorang pekerja migran asal Lingkungan Siluman Baru RT 31 RW 15, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. Selasa (06/06/2022).
Selama 12 tahun Tati terlunta-lunta mengadu nasib di Malaysia akibat ulah agen tenaga kerja yang tidak bertanggungjawab. Namun berkat bantuan Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, akhirnya bisa kembali ke tanah air dengan selamat. Dengan bercucuran air mata, Tati menceritakan perjalanan pahitnya di Malaysia, mulai dari upah yang tidak dibayar hingga selalu ketakutan dikejar-kejar pihak Imigrasi di Malaysia.
Wali Kota mengaku prihatin dengan kejadian yang menimpa Tati. Kejadian ini sepatutnya menjadi pembelajaran bagi masyarakat yang ingin mengadu nasib ke luar negeri. Wali Kota mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap praktik perbudakan dengan kedok agen tenaga kerja. “Kita tetap harus waspada saat memilih bekerja di luar negeri, koordinasikan dengan Disnaker Kota Banjar agar kita tidak bernasib seperti bu Tati ini,” jelasnya.
Dalam kesempatan ini juga, Wali Kota memerintahkan Camat dan Disnaker Kota Banjar untuk memeriksa PMI asal Kota Banjar, agar peristiwa yang menimpa Tati tak terulang kembali. “Coba dicek di masing-masing Kecamatan bagaimana nasib pekerja migran kita di luar negeri,” pungkasnya.
Ditemui setelah kunjungan tersebut, Wali Kota mengatakan, inilah bukti nyata Pemerintah hadir dalam upaya melindungi warganya. Kendati Pemerintah tidak bisa menganggarkan untuk kepulangan PMI non prosedural, pihaknya tetap mencarikan solusi untuk menangani kasus-kasus seperti ini. Hadir dalam kunjungan tersebut Camat Purwaharja, Kabid Penempatan, Perluasan dan Produktivitas pada Disnaker Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas Covid-19  Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022 …

Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny Dorong Saling Dukung di Forum Internasional

Siaran Pers No. 269/HM/KOMINFO/06/2022 Rabu, 29 Juni 2022 Tentang Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny …