Wali Kota Banjar Hadiri Pelantikan UPZ Pataruman

Guna mendekatkan layanan penerimaan zakat kepada masyarakat dibentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di semua tingkatan. UPZ adalah satuan organisasi dengan tugas mengumpulkan zakat untuk melayani muzakki, yang berada di Desa dan Kelurahan, instansi-instansi Pemerintah dan swasta.
Di Kota Banjar sendiri telah dilakukan Pembentukan UPZ tingkat Kecamatan hingga tingkat Desa dan Kelurahan. Untuk wilayah Kecamatan Pataruman, pelantikan UPZ dilaksanakan pada hari Selasa 2 November 2021 bertempat di Aula Kecamatan Pataruman.
Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Baznas Kota Banjar dengan disaksikan secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si. Wali Kota menuturkan bahwa pengukuhan UPZ ini dalam upaya mendekatkan layanan zakat kepada masyarakat hingga tingkat desa dan kelurahan.
Dengan dibentuknya UPZ dapat mempermudah dalam pelaksanaan pengumpulan dan pendistribusian zakat yang tepat sasaran dan sesuai dengan syariat. “Kita berharap melalui UPZ ini, zakat yang dikumpulkan dapat dikoordinir dengan baik dan potensi zakat pun juga akan meningkat,” jelasnya.
Wali Kota menambahkan, UPZ juga berperan dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya membayar zakat melalui UPZ yang telah dibentuk. Dengan demikian pengelolaan zakat dapat tepat sasaran. “Berikan pemahaman kepada masyarakat, tentang pentingnya membayar zakat. Apabila fungsi dari UPZ tadi dapat terlaksana dengan baik, maka penyaluran zakat akan diterima oleh yang berhak dan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kota Banjar,” pungkas Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …