Wali Kota Banjar Hadiri Deklarasi Desa ODF Wilayah Kecamatan Pataruman

Guna upaya mencapai sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan Pataruman, Desa Karyamukti dan Desa Sukamukti, ahirnya dideklarasikan sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) pada Senin, 08 November 2021. Deklarasi ODF merupakan pernyataan desa yang telah bebas dari Perilaku Buang Air Besar di Sembarang Tempat, setelah memenuhi proses verifikasi yang telah diadakan sebelumnya.
Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., memaparkan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Banjar, masih ada 3 (tiga) wilayah desa/kelurahan yang belum mendeklarasikan desa ODF, yaitu Kelurahan Bojongkantong, Kelurahan Pataruman serta Desa Neglasari.
Wali Kota berharap di Tahun 2022 nanti ketiga wilayah tersebut dapat segera mendeklarasikan Desa ODF. Selain itu, kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) khususnya pilar pertama atau stop buang air besar sembarangan bisa dilakukan dengan berbagai upaya dan sumber dana yang ada, salah satunya adalah Anggaran Dana Desa (ADD) sehingga capaian universal akses Tahun 2022 dapat tercapai.
Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar deklarasi ODF oleh Wali Kota dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Desa Karyamukti dan Sukamukti, dan dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan stop buang air besar sembarangan.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …