Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Pengelolaan Sampah

Pesatnya perkembangan jumlah penduduk memunculkan efek negatif terhadap lingkungan. Salah satu masalah lingkungan yang muncul adalah pengelolaan sampah yang tidak berkelanjutan. Pengelolaan sampah ini harus dilakukan semaksimal mungkin dari sumbernya. Situasi ini terjadi di Kota Banjar.
Dalam perkembangannya sebanyak 45 Ton sampah dihasilkan dalam setiap harinya. Permasalahan yang teridentifikasi adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam upaya pengelolaan sampah. Semestinya pengelolaan sampah dimulai dari setiap rumah dengan dilakukannya pemilahan jenis-jenis sampah sehingga akan mempermudah pengolahan sampah.
Dalam upaya meningkatkan pengelolaan sampah, Pemerintah Kota Banjar melakukan kerjasama dengan pihak ketiga sehingga sampah yang dihasilkan akan mempunyai nilai ekonomi. Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar menggelar Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Wilayah Kecamatan Purwaharja yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Karangpanimbal Kecamatan Purwaharja, Kamis, 04 November 2021. Kegiatan yang dibuka oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., diikuti oleh peserta yang berasal dari pegawai Kecamatan Purwaharja, Aparatur Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Purwaharja, anggota PKK, serta para penggiat peduli sampah se-Kecamatan Purwaharja.
Mengawali arahannya, Wali Kota mengingatkan pentingnya edukasi pengelolaan sampah harus dimulai dari sumbernya yaitu rumah tangga dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya. “Kita harus bisa memilah sampah, sampah mana yang bisa dijadikan kompos, sampah yang bisa kita didaur ulang dan sampah yang dapat kita gunakan kembali. 3R harus kita galakan kembali, mengingat semakin banyaknya sampah yang harus kita olah,” jelasnya.
Wali Kota menambahkan, pengelolaan sampah di Kota Banjar akan dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga, sehingga dari sampah yang dihasilkan akan mendapatkan nilai ekonomis.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …